Politik ›› Survei, Assagaff Unggul

Survei, Assagaff Unggul

Masohi - Sejumlah survei yang dilakukan untuk mengukur tingkat elektabilitas kandidat Gubernur Maluku periode 2013-2018, menempatkan Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff di peringkat teratas.

Assagaf mengaku berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan beberapa lembaga berbeda, ternyata dirinya yang menempati peringkat paling teratas dibandingkan dengan kandidat lain.

“Jika ada kandidat lain yang menyatakan mereka yang teratas maka mari kita buka hasil survey. Kita buktikan bersama siapa yang teratas,” tandas Assagaff kepada Siwalima di Masohi, Sabtu (28/7).

Assagaff berada di Masohi dalam rangka safari Ramadhan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

Dikatakan, dirinya sangat serius untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Maluku periode 2013-2018. Buktinya, ia telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon untuk memperoleh rekomendasi dukungan pada beberapa partai politik.

“Saya sudah mendaftar sebagai bakal calon di beberapa partai politik guna memperoleh rekomendasi  dukungan bahkan sudah ada yang memberikan dukungan politik secara resmi,” katanya.

Menyangkut figur pasangan kandidat wakil gubernur yang diliriknya, Assagaff mengatakan dirinya sudah tiga kali melakukan survei terhadap tingkat elektabilitas calon wakil gubernur.

“Terakhir survei itu dilakukan seminggu setelah pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012. Survei tersebut dilakukan terhadap 19 kandidat wakil gubernur,” katanya.

Mantan Sekda Maluku ini mengaku rekomendasi figur yang diberikan oleh lembaga survei, nantinya akan digunakan untuk menentukan siapa calon wakil gubernur yang akan mendampinginya kelak. Karenanya dia mengaku, nama calon wakil gubernur tak perlu diumumkan terburu-buru.

Khusus menyangkut visi dan misinya, Assagaff juga menjelaskan,  visi dan misi yang akan diusungnya kedepan tidak banyak berbeda dengan visi/misi pembangunan saat ini.

“Hanya saja memang diperlukan lompatan-lompatan percepatan ke arah tercapainya visi dan misi yang ada saat ini. Kemiskinan misalnya, sekarang sudah turun dua sampai tiga persen per tahun sehingga kita harus buat lompatan empat atau lima persen per tahun’’ jelasnya.

Untuk memperoleh dukungan sebagai Gubernur Maluku 2013-2018, Assagaff telah mendaftar di Partai Golkar, PDIP dan PKS. Sementara PPP sudah mengeluarkan rekomendasi dukungan kepada Assagaff secara resmi, beberapa waktu lalu.

DIserahkan ke DPP

Dipastikan Kamis (2/8), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Provinsi Maluku akan menyampaikan berkas  bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur  yang telah mendaftar ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlam-bang beringin tersebut.

Berkas seluruh balon gubernur dan wakil gubernur tersebut, akan disampaikan langsung Ketua DPD Partai Golkar Maluku Z Sahuburua dan didampingi tim penjaringan.

“Tanggal 1 Agustus Ketua DPD Golkar Maluku dan Tim Penjaringan akan berangkat ke Jakarta. Besoknya baru berkas disampaikan kepada DPP Golkar,” tandas Ketua Penjaringan Balon Gubernur  dan Wakil Gubernur DPD Partai Golkar Maluku, Husein Toisutta, kepada Siwalima, Minggu (29/7) siang.

Ia menjelaskan setelah berkas para balon disampaikan, maka mekanisme selanjutnya yang akan dilakukan yaitu survey tingkat elektabilitas yang akan dilakukan langsung oleh DPP Partai Golkar.

Untuk diketahui setelah membuka pendaftaran sejak 23 Juni-12  Juli, balon gubernur yang telah mendaftar di DPD Golkar Maluku, masing-masing Said Assagaff, Freddy Latumahina, Edison Betaubun, Abdullah Tuasikal, Alex Retraubun, Daud Sangadi, Jacky Noya dan Johanis Pelupessy, Azis Samual dan Nono Sampono. Sementara balon wakil gubernur yaitu Hamid Rahayaan, Abdullah Tuasikal, La Suryadi, Moda Latupono, Daud Sangadji dan  Junus Duganata.

Diantara para balon gubernur tersebut, terdapat sejumlah kader terbaik Partai Golkar yaitu Said Assagaff (Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Maluku/Wagub Maluku), Freddy Latumahina (Ketua DPP Partai Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Maluku dan Papua), Edison Betaubun (Anggota Fraksi Partai Golkar DPR), Abdullah Tuasikal (mantan Ketua DPD Partai Golkar Maluku/mantan bupati Maluku Tengah).

Sementara untuk balon wagub terdapat kader Golkar Abdullah Tuasikal, Hamid Rahayaan dan Junus Duganata. (S-24/S-34)



Berita Terkait


Ambon