Daerah ›› 50 Casis Diklapa II Ikut Tes Akademik

50 Casis Diklapa II Ikut Tes Akademik

Ambon - Sebanyak 50 personel yang berasal dari  seluruh satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura mengikuti tes Akademik dalam rangka seleksi Pendidikan Lanjutan Perwira II (Diklapa II) Tahun 2013 yang digelar di Aula Rindam XVI/Pattimura Suli Kabupaten Maluku Tengah. Selasa (9/4).

Tes ini bertujuan untuk me­ngetahui bakat dan kemam­puan seseorang di bidang keil­muan (akademis). Adapun tes akademik ini umumnya me­miliki empat jenis soal antara lain tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika dan tes spasial atau gambar.

Sementara Tes verbal ber­fungsi untuk mengukur ke­mampuan seseorang di bi­dang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persa­maan kata), tes antonim (la­wan kata), tes padanan hubu­ngan kata dan tes pengelom­pokan kata. Tes angka ber­fungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka dalam rangka berpikir ter­struktur dan logis matematis. Tes logika berfungsi meng­ukur kemampuan prajurit dalam penalaran dan peme­cahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, analisa pernyataan,

Kesimpulan (silogisme), logika cerita dan logika diagram, ditambah lagi dengan Pengetahuan umum dan Pengetahuan Militer Umum.

Tes Akademik tersebut dipim­pin langsung oleh Tim penguji dari Spersad yaitu Letkol Arh I. Made Suryawan dan dibantu oleh Pabandya DIK Spersdam XVI/Pattimura Letkol Inf. Sony Madya.(S-21)



Berita Terkait


Ambon