Pemerintahan ›› Akhir Juli, Kontrak JMP Mulai Berproses

Akhir Juli, Kontrak JMP Mulai Berproses


Ambon - Di akhir bulan Juli ini, kontrak proyek Jembatan Merah Putih (JMP) akan mulai berproses, karena hingga kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku masih menunggu penetapan pemenang proyek ini dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU).

“Proses lelangnya sudah selesai tinggal penetapan pemenangnya oleh Kementrian PU dan proyek ini ditangani langsung oleh Balai Jalan dan Jembatan Nasional. Jika penetapannya sudah selesai maka akan dilanjutkan dengan kontrak dan diperkirakan akhir Juli ini sudah mulai berproses,” ungkap Kepala Dinas PU Maluku, Anthonius Sihaloho kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (4/7).

Sampai saat ini, kata dia, pihaknya belum bisa berbuat apa-apa, karena belum ada penetapan pemenang tendernya, namun jika sudah ada maka pasti proyek multi years ini akan segera dilakukan.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Maluku, KA Ralahalu kepada wartawan di Baileo Siwalima, Karang Panjang Ambon, Jumat (17/6), mengatakan, tender proyek JMP dilaksanakan di tingkat nasional dan bertanggung jawab untuk itu ada pada Kementerian PU. Sehingga Pemprov Maluku tinggal menunggu pengumuman pemenang tender  saja.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam proses pembangunan JMP, seluruh anggaran yang dibutuhkan tak akan dikucurkan secara serempak, tetapi akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk anggaran tahap pertama akan dikucurkan tahun 2011 ini senilai Rp 100 milyar. Ini proyek multi years dan kita harapkan mudah-mudahan tahun 2013 sudah selesai,” harap Ralahalu.

Untuk diketahui, pembangunan JMP tersebut direncanakan dikerjakan selama tiga tahun dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1 triliun sedangkan pembangunan kerangka tahap awal menghabiskan dana Rp 150 milyar.

Sesuai perencanaan panjang bentangan jembatan itu, yakni 1.020 meter dan tinggi 35 meter, didesain menggunakan pengaman "cable stayed" dan dibagi tiga bagian, yakni bentangan sepanjang 300 meter di bagian tengah Teluk Ambon, serta sisi Selatan dan Utara masing-masing 360 meter dengan jarak antara setiap pilar penyangga yakni 150 meter, lebar jembatan 22,7 meter dilengkapi trotoar dengan lebar 80 centimeter.  (S-16)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon