Pemerintahan ›› APIP Punya Peran Penting Dalam Sistem Pemerintahan

APIP Punya Peran Penting Dalam Sistem Pemerintahan


Ambon - Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mempunyai peran penting dalam sistem pemerintahan. Sebagai fungsi pengawasan, APIP juga bertanggung jawab dalam mengevaluasi dan menilai fungsi-fungsi manajemen.

Hal itu disampaikan Gubernur Maluku Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Sekda Maluku Angky Renjaan, saat membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2016 yang berlangsung di Lantai VII Kantor Gubernur, Senin (21/11).

Menurutnya, koordinasi antar instansi pengawasan intern pemerintah baik BPKP, Inspektorat Kementerian maupun Inspektorat Provinsi dan Inspektorat kabupaten/kota sangat diperlukan, selain agar tidak terjadi tumpang tindih pemeriksaan, juga untuk meningkatkan sinergitas kinerja antar instansi pengawasan intern pemerintah.

“APIP memiliki peran yang cukup penting dalam sistem pemerintahan. APIP juga bertanggung jawab dalam mengevaluasi dan menilai fungsi-fungsi manajemen yakni, fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan koordinasi agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagai jawaban terhadap tuntutan perubahan zaman, pengawasan memiliki makna baru. Pengawasan internal APIP tidak hanya membantu mengawasi apakah pemerintah telah mengerjakan yang seharusnya dikerjakan, membelanjakan uangnya sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan taat kepada peraturan perundangan yang berlaku.

Pengawasan internal APIP juga harus dapat memberikan jasa kon­-sultasi dalam rangka mening­katkan kinerja pemerintah serta mampu mengidentifikasikan perkembangan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapi pemerintah.

“Tugas baru APIP di tahun ini adalah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan dan kepolisian terkait dengan pembentukan tim penga­wal dan pengamanan pembangu­nan dan pemda (TP4D) untuk mencegah terjadinya penyelewe­ngan terhadap penggunaan APBN/APBD dan mengatasi kekuatiran instansi pemerintah terjerat korupsi dalam melakukan realisasi pembangunan proyek serta pembentukan tim sapu bersih pungli di kabupaten/kota dalam rangka pemberantasan pungli secara efektif dan efisien,” tandasnya. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon