Kesra ›› Banjir Rusak Puluhan Hektar Lahan Pertanian Transmigran Minta Perhatian Pemkab Malteng

Banjir Rusak Puluhan Hektar Lahan Pertanian

Ambon - Cuaca ekstrim yang melanda Maluku yang ditandai dengan tingginya curah hujan menimbulkan bencana alam di mana-mana. Tak terkecuali banjir yang merusak puluhan hektar lahan pertanian milik transmigran di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Puluhan hektar lahan pertanian yang rusak akibat terkikis erosi tersebut tersebar di lokasi transmi­grasi kilometer 12 Kelurahan Hollo Kecamatan Amahai Kabupaten Malteng.

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mal­teng, Han Sella kepada Siwalima, Sabtu (28/7), mengungkapkan, da­lam setahun terakhir ini, lahan milik para transmigran rusak dan puluhan hektar sudah hilang terkikis banjir.

Diungkapkan, ribuan tanaman milik para transmigran seperti coklat, pala dan kelapa hanyut terbawa ban­jir. Sella mengungkapkan, kerugian yang ditimbulkan akibat kerusakan lahan dan hanyutnya tanaman anda­lan para petani di lokasi transmigrasi kilometer 12 Kelurahan Hollo Keca­matan Amahai tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

“Kejadian yang menimpa para transmigran tersebut telah dilapor­kan kepada pemerintah Kabupaten Malteng melalui instansi-instansi terkait untuk diambil langkah pe­nanganan seperti Dinas Pertanian, Dinas Transmigrasi dan Dinas So­sial, namun hingga saat ini tidak ada tindak lanjut,” kata Sella.

Ditambahkan, kejadian yang menimpa warga transmigran itu telah sampaikan dan direkomen­dasikan dalam Musyawarah Peren­canaan Pembangunan (Musren­bang), namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut.

Ia meminta kepada Pemkab Mal­teng untuk memberikan perhatian kepada para transmigran yang tertimpa bencana alam tersebut. “Masa depan para transmigran ada di tanaman-tanaman yang selama ini dikelola, dan jika semua tanaman tidak ada lagi dan lahan sudah habis terkikis erosi, kemana lagi harus berusaha. Kita minta agar apa yang dialami para transmigran ini menjadi perhatian Pemkab Malteng,” ujar Sella. (S-26)



Berita Terkait


Ambon