Daerah ›› BPBD: Banjir Berpotensi Terjadi di Bulan Juli-Agustus

BPBD: Banjir Berpotensi Terjadi di Bulan Juli-Agustus

Ambon - Menyikapi tingginya curah hujan akhir-akhir ini, Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku telah menyurati pemerintah kabupaten kota untuk memberitahukan adanya potensi banjir pada Bulan Juli hingga Agustus.

Hal ini diungkapkan  Sekretaris BPBD Provinsi Maluku, Kifli Wa­kano kepada Siwalima, di ruang kerjanya, Jumat (12/7).

“Kami beberapa waktu lalu telah mengirimkan surat ke pemerintah kabupaten kota terkait dengan ada­nya beberapa daerah yang ada di Maluku yang berpotensi terjadi ben­cana pada bulan Juli hingga bulan Agustus mendatang,” jelasnya.

Wakano mengungkapkan, poten­si banjir dengan skala menengah pada bulan Juli dapat terjadi di Kecamatan Nusaniwe,  Sirimau dan Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon.

Skala serupa juga terjadi pada daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Sementara potensi banjir dengan skala rendah dapat juga terjadi pada Kabupaten SBB dan Kabupaten Malteng.

“Meneruskan perkembangan prakiraan daerah potensi banjir Indonesia Bagian Timur oleh BMKG pusat tanggal 10 Juli 2013, kami telah merekapnya untuk Provinsi Maluku periode Bulan Juli hingga Agustus 2013. Dalam rekapan itu, yang berpotensi banjir dengan tingkat sedang itu, Kota Ambon SBT, SBB, dan Malteng. Kalau dengan tingkat rendah ada juga pada  SBB dan Malteng, sedangkan Maluku Teng­gara untuk bulan Juli  tidak ada po­ten­si terjadinya banjir,” urai Wa­kano.

Sementara itu, pada bulan Agus­tus, banjir dengan skala menengah berpotensi terjadi di Kota Ambon yaitu Kecamatan Nusaniwe, Sirimau dan Teluk Ambon Baguala. Kemu­dian Kabupaten SBT, dan Kabu­paten Malteng.

Untuk potensi banjir dengan skala rendah terjadi pada Kabupaten SBT, Kabupaten Malteng dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

“Untuk potensi banjir itu untuk bulan Juli tidak berpotensi terjadi pada kawasan Kabupaten Maluku  Barat Daya, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan dan Kepulauan Aru. Untuk bulan Agus­tus tidak ada potensi banjir pada Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara,  Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan dan Kepu­lauan Aru,” papar Wakano. (S-38)



Berita Terkait


Ambon