Kriminal ›› Cabuli Anak Dibawah Umur Marak Terjadi di Ambon

Cabuli Anak Dibawah Umur Marak Terjadi di Ambon

Ambon - Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease selama Januari hingga Oktober 2012 menerima laporan masyarakat terkait kasus percabulan dan pemerkosaan anak di bawah umur cukup banyak.

Untuk itu, masyarakat teristimewa para orang tua, dihimbau untuk tetap meningkatkan pengawasan dan memonitor anak-anak wanitanya disaat mereka sedang bermain ataupun beraktivitas lainnya.

“Para orang tua dan keluarga  dihimbau rutin mengawasi anak-anaknya, sehingga bisa memperkecil ruang atau kesempatan terjadinya tindak pidana tersebut,” kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKP Agung Tribawanto kepada wartawan di Mapolres Ambon, Rabu (17/10).

Diakuinya, dari sejumlah kasus yang ditangani stafnya di penyidik Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Ambon, kebanyakan korban percabulan dan perkosaan adalah anak-anak di bawah umur.

Bahkan kata Kasat Reskrim, ada anak berusia balita, juga pernah dilaporkan orang tuanya dicabuli orang dewasa. “Beberapa wakktu lalu ada laporan masuk ke kita korbannya seorang bocah perempuan berusia tiga tahun,” kata Tribawanto.

Ditegaskan, menyangkut para pelaku yang tak bermoral tersebut, ia mengungkapkan ada juga dari kalangan terdekat korban seperti tetangga maupun keluarga korban sendiri.

Untuk itu Polres Ambon tambah Tribawanto tidak akan berkompromi dengan para pelaku tindak pidana asusila tersebut dan akan memproses sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini guna memberikan efek jera. (S-34)



Berita Terkait


Ambon