Daerah ›› DPRD Harap KIA Sasar Semua Anak

DPRD Harap KIA Sasar Semua Anak


Ambon - Komisi I DPRD Kota Ambon mengharapkan, agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dapat memastikan proses penyaluran Kartu Identitas Anak (KIA) di tahun ini dapat menyasar ke semua anak.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Marthen Sapulette mengatakan, semua anak di kota ini harus miliki KIA, sebab sangat bermanfaat bagi sang anak dan juga orang tuanya.

“Kalau tidak menyasar kepada semua anak, maka ini akan jadi persoalan baru lagi dimasa mendatang bagi anak-nak ini,” ujar Sapulette kepada Siwalima di Ambon Sabtu (9/2)

Sapulette juga minta kepada pihak Disdukcapil agar sebelum melakukan penyerahan KIA kepada masyarakat harus terlebih dulu melakukan sosialisasi ke masyarakat sebab dipastikan, masih banyak masyarakat yang belum paham bahkan tidak mengetahui apa itu KIA.

Proses pencetakan KIA ini juga akan menjadi perhatian komisi, untuk itu kedepan komisi akan melakukan koordinasi dengan Disdukcapil untuk memastikan proses pencetakan kartu ini bisa menyasar ke semua anak.

Sebelumnya diberitakan, setelah gegal melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak di tahun 2018 kemarin, kini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memastikan  proses pencetakan KIA sudah dapat dilakukan.

Kadis Dukcapil Kota Ambon Marsella Haurissa, yang dikonfirmasi Siwalima di Balai Kota, Jumat (25/1) mengaku, saat ini KIA sudah dapat dicetak. Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh orang tua untuk membawa anak-anak mereka ke Disdukcapil untuk melakukan proses pencetakan KIA.

“KIA sudah diterbitkan, bagi orang tua yang mau cetak KIA sudah bisa bawah anak mereka. Bagi warga yang punya anak dibawah usia 17 tahun saya minta untuk urus KIA sebagai pengganti KTP,” himbau Haurissa.

Dijelaskan, program penerbitan KIA sesuai dengan Permendagri No 02 Tahun 2016, sebagai upaya untuk mendata penduduk sejak lahir, sampai nanti waktunya berkewajiban memiliki kartu tanda penduduk elektronik.

Proses pencetakan KIA ini dilakukan bagi anak yang telah miliki akta kelahiran yakni berusia 0-5 tahun, sedangkan anak usia 5 hingga mendekati 17 tahun menggunakan foto seperti KTP anak.

Untuk itu bagi orang tua yang miliki anak dibawah usia 17 tahun dapat melakukan pengurusan dengan membawa kelengkapan administrasi kartu keluarga dan akte kelahiran anak.(S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon