Daerah ›› Gelombang Tinggi, Kapal-Kapal Dihimbau Hati-Hati Berlayar

Gelombang Tinggi, Kapal-Kapal Dihimbau Hati-Hati Berlayar

Ambon - Kapal-kapal yang melayari beberapa wilayah laut Maluku dihimbau untuk berhati-hati menyusul dikeluarkannya peringatan dini gelombang laut sejak 12-17 Januari 2011 mendatang.

Demikian dikatakan Prakirawan BMKG Pattimura Ambon, Vincentius Andi kepada Siwalima via telepon selulernya, Jumat (14/1).

"Soal larangan berlayar itu kewenangannya di ASDP untuk memberitahukan kepada kapal-kapal yang berlayar. Tetapi kami hanya mengingatkan agar kapal-kapal bisa berhati-hati dalam berlayar menyusul dikeluarkannya peringatan dini gelombang laut sejak tanggal 12-17 mendatang," kata Andi.

Dijelaskan, sesuai dengan peringatan dini gelombang yang telah dikeluarkan tersebut, untuk gelombang laut di wilayah laut Banda kecepatan anginnya antara 8-20 knot dan maksimum gelombangnya 2-4 meter.

Sementara untuk laut Kei, kecepatan anginnya antara 10-25 knot dan maksimum gelombangnya 2-4 meter. Untuk laut Aru, kecepatan anginnya antara 10-25 knot dan maksimum gelombangnya 2-5 meter.

Sedangkan untuk laut Tanimbar kecepatan anginnya antara 15-30 knot dan maksimum gelombangnya 3-6 meter dan laut Arafura kecepatan anginnya antara 10-30 knot dengan tinggi gelombang 3-6 meter.

"Olehnya itu, kami ingatkan lagi supaya selama waktu ini. Kapal-kapal yang berlayar harus hati-hati melewati wilayah-wilayah laut ini," tutur Andi. (S-35)



Berita Terkait


Ambon