Daerah ›› Gubernur Pastikan Masyarakat Perbatasan Bisa Akses Internet

Gubernur Pastikan Masyarakat Perbatasan Bisa Akses Internet


Ambon - Gubernur Maluku, Murad Ismail memastikan, masyarakat Maluku khususnya yang berlokasi di wilayah perbatasan sudah bisa mengakses internet, hal ini dibuktikan dengan terpasangnya sambungan proyek palapa ring.

Dijelaskan, jaringan fiber optik merupakan bangunan tol informasi dalam bentuk serat optik yang meng­hubungkan seluruh wilayah Indonesia, termasuk Maluku.

“Seluruh Maluku sudah terpa­sang jaringan fiber optik dengan pro­gram palapa ring dan kita pas­tikan masyarakat Maluku  bisa mengakses internet,” kata Gubernur Maluku Murad Ismail kepada war­tawan di Kantor Gubernur, Selasa (11/6)

Pemasangan kabel fiber optik di Maluku, katanya, sepanjang 3900 kilo meter baik di dalam laut maupun di darat. Untuk di dalam laut menu­rut­nya sepanjang 2700 kilo meter sedangkan di darat sepanjang 1200 kilo meter.

“Selama ini masyarakat khusus­nya di perbatasan belum menikmati akses internet dan yang pasang itu te­man saya,” kata gubernur.

Gubernur memastikan, kedepan Pemerintah Provinsi Maluku akan bertemu dengan pimpinan salah satu operator telekomunikasi di Jaka­rta untuk dilakukan Memorandum of Understanding (MoU), sehingga se­mua bisa terpasang di seluruh Ma­luku.

Kenapa ini penting, menurutnya dapat mendigitalkan anak-anak yang ada di daerah perbatasan, agar terhubung dengan dunia luar, dan bisa menjual produk unggulan yang ada di kabupaten maupun keca­matan serta menjual parawisata.

“Kita ingin seluruh masyarakat bisa terhubung dengan dunia luar melalui akses internet sekaligus bisa mempromosikan pariwisata kita,” tegasnya.

Gubernur mengakui, apapun yang dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah mensejahterakan masyarakat dan demi kemajuan masyarakat itu sendiri.   

“Kita ingin masyarakat menikmati jaringan internet, dan saya akan berbuat yang terbaik untuk pemba­ngunan dan kemajuan Maluku,” tegasnya. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon