Pemerintahan ›› Gubernur Segera Usulkan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Buru

Gubernur Segera Usulkan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Buru

Ambon - Gubernur Maluku, Karel A. Rala­halu segera mengusulkan pelantikan Ramly Umasugi dan Juhana Sudrajat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru periode 2012-2016 kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Gubernur telah menanda­tangani surat usulan tersebut sehingga kita akan segera mengusulkannya ke Mendagri,” ungkap Asisten I Sekda Provinsi Maluku, Angky Renjaan kepada Siwalima di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (7/12).

Renjaan berharap, pengusulan ini berjalan dengan baik, sehingga pelantikan Umasugi-Sudrajat bisa dilakukan sesuai waktu yang ditentukan. “Kita berharap pelan­tikan Bupati dan Wakil Bupati Buru bisa berlangsung sesuai de­ngan masa waktu pemerintahan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sebelumnya Mahkamah Kons­titusi (MK) menolak gugatan pasa­ngan calon Bupati dan Wakil Bupati Bakrie Hentihu-Etha Hen­tihu (BETA) yang tertuang dalam Putusan MK Nomor 113/PHPU. D-IX/2011.

Putusan tersebut diambil da­lam Rapat Permusyawaratan Hakim yang dipimpin M Mahfud MD selaku ketua merangkap anggota, serta para anggota yang terdiri dari Achmad Sodiki, Harjono, Ahmad Fadlil Sumadi, Anwar Usman, Hamdan Zoelva, Maria Farida Indrati, M. Akil Moch­tar, dan Muhammad Alim pada Kamis (17/11) dan disam­paikan dalam sidang pleno terbu­ka untuk umum pada Senin (21/11).

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Buru menetapkan pasangan Ramly Umasugi-Juhana Soedrajat (RANA) sebagai pemenang Pilkada kabupaten tersebut dalam Rapat Pleno yang berlangsung Selasa (25/10), yang dipimpin Iskandar Rada.

Dalam rapat pleno tersebut, KPU Buru mengeluarkan dua surat keputusan, yaitu Keputusan KPU Buru Nomor 37 tahun 2011, yang mengesahkan hasil rekapitulasi perolehan suara tiga pasangan Calon Kepala Daerah (Calkada) serta Keputusan KPU Buru Nomor 38 tahun 2011 yang mengesahkan RANA sebagai calon bupati – wakil bupati periode 2012-2017 terpilih.

KPU menetapkan pasangan RANA sebagai pemenang Pil­kada Kabupaten Buru yang meraih 28.237 suara (48 persen).  RANA mengalahkan pasangan Bakrie Hentihu-Etha Hentihu (BETA) yang hanya memperoleh 24.348 suara (41 persen) dan pasangan Junaidi Rupilu-La Ode Badwie (JUBA) 6.709 suara (11 persen).

RANA yang didukung Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Kedaulatan (PK), Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Partai Ke­adilan Sejahtera (PKS) menang di seluruh kecamatan. (S-16)



Berita Terkait


Ambon