Budaya ›› Hari Ini, PSA dan PSP Pesparawi Nasional Maluku Tampil

Hari Ini, PSA dan PSP Pesparawi Nasional Maluku Tampil

Ambon - Dipastikan hari ini, Rabu (4/7), Paduan Suara Anak (PSA) dan Paduan Suara Pria (PSP) Provinsi Maluku akan tampil di hari pertama perlombaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Tingkat Nasional X/2012 yang berlangsung di Kendari-Sulawesi Tenggara.

PSA Provinsi Maluku akan tampil berlomba di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Kendari, dengan membawakan lagu wajib ‘Ku Ingin Jadi Anak Tuhan” ciptaan Kefas Satriya Permana dan lagu pilihan terikat ‘Ia Allahku Ku Puji Dia’ ciptaan Bagus Gangsar Wibisono.

PSA yang dipimpin dirigen Boy Watumlawar dan diiringi oleh pianis Jesica S Salong dengan nomor undian 16 juga akan membawakan lagu pilihan bebas ‘Nigra Sum’.

Sementara PSP akan tampil berlomba di Hotel Kubra, dengan membawakan lagu wajib ‘Bernya­nyilah Dengan Senang’ ciptaan Paulus Dwi Hananto dan lagu pili­han terikat ‘Bangunlah Hai Jiwaku’ ciptaan Relin H Yuka.

PSP yang dipimpin dirigen Ronny Pattipawae dan diiringi oleh pianis Endang Kusumaningsih dengan nomor undian 19 juga akan mem­bawakan lagu pilihan bebas ‘Joshua Fit A Battle of The Jericho’.

Selain PSA dan PSP, di hari pertama perlombaan wakil Maluku di nomor lomba Solo Remaja/Pemu­da Putra, Francois Kasuba juga akan tampil berlomba di Baruga Sapta Pesona, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara.

Francois Kasuba yang memper­oleh nomor undian 4 akan tampil membawakan lagu wajib ‘Ia Allahku Ku Puji Dia’ ciptaan Beno Mana­bung dan lagu pilihan terikat ‘Jiwaku Merindukan Tuhan’ ciptaan Bonar Gultom.

Keesokan harinya, Kamis (5/7), giliran Paduan Suara Wanita (PSW), Paduan Suara Remaja/Pemuda Campuran (PSR/PC) dan Solo Anak usia 7-9 tahun akan tampil berlomba.

PSW Provinsi Maluku akan tampil berlomba di Hotel Kubra dengan mem­bawakan lagu wajib ‘Pujilah Tuhan Karena Kasih Setia-Nya’ ciptaan Perry Rumengan dan lagu pilihan terikat ‘Istri Yang Teramat Baik’ ciptaan Pontas Purba.

PSW yang dipimpin dirigen Lussy Luhulima dan diiringi pianis Endang Kusumaningsih dengan nomor undian 2 tersebut juga akan membawakan lagu pilihan bebas ‘Music Down In My Soul

Sementara PSR/PC Provinsi Maluku akan tampil berlomba di GOR Kendari dengah membawakan lagu wajib ‘Tuhan Penolong Hidupku’. Syair lagu tersebut dibuat oleh Fera Nugroho sementara melodi oleh Agastya Rama Listya.  PSR/PC Provinsi Maluku juga akan membawakan lagu pilihan terikat ‘Tuhan Kekuataku dan Mazmurku’ ciptaan Theodora Sinaga.

Khusus untuk lagu pilihan bebas, PSR/PC Provinsi Maluku yang dikoordinir oleh dirigen Etha Siahay dan pianis Endang Kusumaningsih dengan nomor undian 18 tersebut akan membawakan lagu ‘Ave Maria’.

Di hari yang sama, di nomor lomba Solo Anak usia 7-9 tahun, wakil Provinsi Maluku, Yosephina F Siahay akan tampil berlomba di di Baruga Sapta Pesona, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara.

Yosephina F Siahay akan tampil dengan nomor undian 23 membawakan lagu wajib ‘Aku Mau Bernyanyi Bagi Tuhan’ ciptaan Maliyarnita dan lagu pilihan terikat ‘Baiklah Aku Menyanyi’ ciptaan Johnsen S Bahat.

Di hari Jumat (6/7), giliran Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC), Vocal Group dan Solo Anak usia 10-13 tahun dari Provinsi Maluku menampilkan kemampuannya dalam olah vokal.

PSDC Provinsi Maluku akan tampil membawakan lagu wajib ‘Aku Mau Bernyanyi Bagi Tuhan’ (Acappella) ciptaan Herman Sinapa dan lagu pilihan terikat ‘Bukakan Pintu Kasihmu’ ciptaan Ronald Pohan.

PSDC Provinsi Maluku dengan dirigen Ronny Istia serta diiiringi oleh pianis Endang Kusumaningsih dengan nomor undian 9 akan membawakan lagu pilihan bebas ‘John The Revelator’.

Sementara Vocal Group Provinsi Maluku akan tampil membawakan lagu wajib ‘Dia Allahku, Ku MemujiNya’ ciptaan Wahono Hadi dan lagu pilihan terikat ‘Allah Pembebas dan Penyelemat UmatNya’. Lagu ini syairnya dibuat oleh Novie Stefanie Suherman sedangkan melodi oleh Agastya Rama Listya. Selain itu mereka juga akan membawakan lagu pilihan bebas ‘Thank You Lord’.

Di hari yang sama, juga Sendry Nahuway akan tampil di nomor lomba Solo Anak usia 10-13 tahun. Ia akan membawakan lagu wajib ‘Jadi Lilin Penerang’, ciptaan Faida Delta dan lagu pilihan terikat ‘Doaku’ ciptaan Yason Christy Pranowo.

Di hari terakhir perlombaan Pesparawi Tingkat Nasional X/2012, Sabtu (7/7), wakil Provinsi Maluku akan tampil di nomor lomba Musik Etnik dan Solo Remaja/Pemuda Putri.

Khusus untuk Musik Etnik akan ditampilkan komposisi berjudul ‘Tilu’ karya Rentje Alfons yang dialihbahasakan oleh Petrus Huwae Upane.

Sementara untuk Solo Remaja/Pemuda Putri, wakil Maluku, Maria D Talapessy akan tampil  membawakan lagu wajib ‘Setulus Hatiku MemujiMu’, ciptaan Paulus Dwi Hananto dan lagu pilihan terikat ‘Syukur PadaMu Tuhan’, ciptaan Bagus Gangsar Wibisono.

Koordinator Pelatih Kontingen Pesparawi Provinsi Maluku, Semmy Toisuta mengaku seluruh peserta dari Provinsi Maluku saat ini sudah siap untuk bertanding dan sudah melakukan penyesuaian dengan lokasi perlombaan.

“Sejak tiba di Kendari, Minggu(1/7) lalu, kita langsung melakukan latihan penyesuaian di masing-masing lokasi perlombaan,” ungkapnya.

Dikatakan, kontingen Maluku sangat beruntung karena seluruh anggota kontingen memperoleh tempat penginapan di Hotel Kubra sehingga memudahkan koordinasi. “Maluku sangat beruntung karena seluruh anggota kontingen menginap di satu hotel sehingga memudahkan koordinasi. Berbeda dengan provinsi-provinsi lain yang kontingennya terbagi dalam hal penginapan,” katanya. (S-12)



Berita Terkait


Ambon