Budaya ›› Hari Ini, Puluhan Mobil Hias Penuhi Ambon Jambi akan Pertahankan Gelar Juara Pawai Ta'aruf

Hari Ini, Puluhan Mobil Hias Penuhi Ambon

Ambon - Kafilah dari 33 provinsi se-Indonesia yang akan menggunakan puluhan mobil hias telah siap untuk mengikuti Pawai Ta’aruf, yang akan berlangsung hari ini Kamis (7/6).

Pawai Ta’aruf ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pe­laksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXIV/2012, yang berlangsung di Kota Ambon, 8-15 Juni men­datang. 

Sejak beberapa hari terakhir ini seluruh provinsi termasuk sejumlah kabupaten/kota di Maluku telah mem­buat mobil hias­nya guna di­tam­pil­kan pada Pawai Ta’aruf ter­sebut.

Diantara 33 pro­vinsi peserta MTQ, kontingen Provinsi Jambi bah­kan sudah bertekad memper­ta­hankan gelar juara Pawai Ta’aruf yang diraih dua tahun lalu saat MTQ Tingkat Nasional XXIII/2010 di Bengkulu .

“Saat MTQ XXII/2008 di Ban­ten, Jambi berhasil meraih  juara kedua Pawai Ta’aruf, sedangkan pada MTQ XXIII/2010 di Beng­kulu, Jambi berhasil meraih juara pertama, sehingga kita telah ber­tekad untuk mempertahankan gelar juara tersebut di Ambon,” ung­kap penanggung jawab ken­daraan hias Pawai Ta’aruf Pro­vinsi Jambi, Asnawi kepada Si­walima disela-sela meram­pung­kan kendaraan hiasnya di kawa­san Tantui, Ambon, Rabu (6/6).

Dikatakan, untuk memper­ta­hankan gelar juara Pawai Ta’aruf tersebut, Jambi akan menam­pil­kan mobil hias dalam bentuk Perahu Kajang Lako. “Untuk tahun ini kita menampilkan sosok Perahu Kajang Lako sebagai kendaraan hias Pawai Ta’aruf. Perahu ini merupakan alat transportasi para raja zaman dulu di Jambi,” katanya.

Perahu Kajang Lako, jelas Asnawi, dilengkapi dengan kepala angsa di bagian depan. “Mobil hias yang ditampilkan ini akan dipe­nuhi dengan warna emas. Ranca­ngan ini memang termotivasi dengan program Jambi emas yang dilakukan Gubernur Jambi,” jelasnya.

Selain itu, Asnawi mengaku, pi­hak­nya juga secara khusus menda­tang­kan bunga segar dari Jakarta untuk menambah aksesoris mobil hiasnya.

“Kita memang secara khusus mendatangkan bunga segar jenis chrysant untuk menambah sema­raknya penampilan mobil hias Provinsi Jambi,” ujarnya.

Tampilkan Khatamal Quran

Sementara itu, Provinsi Kali­man­tan Barat (Kalbar) akan menam­pil­kan  kebiasaan masyarakat usai anak­nya di-Khatamal Quran.

“Mobil ini berbentuk perahu jonson yang dikenal sebagai tempat bermain anak, yang dikelilingi de­ngan batik khas Kalbar, pohon ma­nggar dan pokok telur dengan do­minan perahunya berwarna kuning melambangkan kesela­matan,” ung­kap Koordinator Pawai Ta’aruf Kafilah Provinsi Kalbar, Nasution Usman kepada Siwalima di Penginapan The Royal, Rabu (6/6).

Dijelaskan, Lancang Kuning ini juga dilengkapi dengan lima kubah yang melambangkan rukun islam.

Pada mobil ini juga, katanya, dihiasi dengan pelaminan adat melayu Pontianak terdapat perpa­duan warna kuning, merah, biru, orange yang melambangkan kedamai­an antar etnis.

“Peserta pawai terdiri dari enam hingga delapan orang dengan me­nge­nakan pakaian busana batik khas Kalbar dengan menampilkan anak yang baru usai melakukan khi­tanan sambil diiringi Nuratul Alqu­ran yang menggambarkan anak-anak yang baru di Khatamal Quran,” kata Usman.  

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Pelak­sana MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012, Said Assagaff kepada wartawan di Kantor Gubernur Malu­ku, Rabu (6/6), menjelaskan, Pawai Ta’aruf ini akan dibuka oleh Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar yang juga Ketua Lembaga Pengem­bangan Tilawatil Quran (LPTQ) Na­sional. “Dalam Pawai Ta’aruf ini para peserta akan menampilkan kendaraan hias dengan ciri khas dari masing-masing provinsi. Masing-masing provinsi hanya bisa mengikut­sertakan dua kendaraannya,” katanya.

Ia mengatakan, panitia telah me­nyiapkan panggung kehormatan di pelataran Monumen Gong Perda­maian Dunia yang akan ditempati oleh Menteri Agama (Menag), Surya­dharma Ali didampingi Gubernur Maluku, KA Ralahalu dan sejumlah gubernur lainnya yang telah tiba di Kota Ambon. (S-12/S-16)



Berita Terkait


Ambon