Hatta Syafrudin Resmi Gantikan Noer Muis

Hatta Syafrudin Resmi Gantikan Noer Muis

Ambon - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisuta mengakui bahwa keberadaan TNI tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan rakyat.

"Hindari perbuatan yang menciderai hati rakyat. Bangun terus kemanunggalan TNI-Rakyat karena TNI tidak berarti apa-apa tanpa dukungan rakyat," jelas KSAD saat upacara Serah Terima Jabatan (sertijab) Pangdam XVI/Pattimura dari Mayjen TNI M Noer Muis kepada Mayjen TNI Hatta Syafrudin yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka - Ambon, Selasa (2/2).

KSAD mengatakan sebagai salah satu komando utama pembinaan dan operasi TNI yang bersifat kewilayahan, sekaligus sebagai gelar kekuatan matra darat di wilayah ini, Kodam XVI/Pattimura mengemban peran, fungsi dan tugas yang strategis dimana sangat terkait dengan pembinaan stabilitas keamanan nasional bagi kelangsungan pembangunan di wilayah ini.

"Untuk itu dalam rangka menghadapi tugas berat tersebut sangat dituntut kerja keras dalam setiap pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawab Kodam. Apalagi jika dihadapkan kepada permasalahan wilayah yang secara demografis sangat heterogen, juga menuntut perhatian yang sungguh-sungguh terhadap setiap perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi," katanya.

Menurutnya, wilayah Maluku dikenal sebagai wilayah seribu pulau dengan berbagai macam suku, budaya dan adat istiadat serta karakteristik masyarakat yang khas dan beragam.

"Kondisi ini merupakan satu sisi bagian dari kekayaan khasanah budaya bangsa Indonesia, namun disisi lain apabila tidak dikelola dengan baik dan tepat akan menjadi sumber permasalahan sosial yang dapat berkembang menjadi konflik horizontal dan hal ini tentunya menjadi tantangan bagi Kodam XVI/Pattimura dalam melaksanakan tugas pembinaan wilayah," jelasnya.

Mayjen TNI M Noer Muis selanjutnya akan menempati pos baru sebagai Pangdam I/Bukit Barisan sedangkan Mayjen TNI Hatta Syafrudin sebelumnya menjabat Pangdivif I Kostrad.

Pada acara sertijab itujuga digelar berbagai tarian daerah seperti bambu gila dan poco-poco. Selain itu dipertunjukan juga keahlian bela diri kempo dan taekwondo oleh personil Yonif 733/Raider.

Sejumlah perwira tinggi TNI AD yang turut menghadiri upacara sertijab tersebut diantaranya Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) Letjen TNI Syaiful Rizal, Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Hari Krisnomo, Asisten Teritorial (Aster) KSAD Mayjen TNI Karsadi, Asisten Logistik (Aslog) KSAD Brigjen TNI Wibowo, Danjen Kopassus Mayjen TNI Lodewijk F Paulus, Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI Markus Kusnowo, Gubernur Akademi Militer (Akmil) Brigjen TNI Gatot Normantyo, Panglima Divisi II Kostrad, Brigjen TNI Gerhan Lantara dan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Agung Revulton.

Selain itu, turut hadir pula para pejabat sipil maupun militer di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. (S-28)



Berita Terkait


Ambon