Daerah ›› Jatuh dari Kapal, Warga MTB Tewas

Jatuh dari Kapal, Warga MTB Tewas


Ambon - Dhionisius Samponu, warga Desa Olilit Barat Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten MTB ditemukan tewas setelah terjatuh dari KM Tanimbar Permai  Minggu (18/11).

Korban jatuh dari atas kapal di laut Desa Adaut, pada titik koordinat 08p  01’58"S - 131p  08’52"E, setelah ber­tolak dari Pelabuhan Saumlaki hendak menuju Kabupaten MBD.

Korban ditemukan oleh Nelayan Theis Ngilamele di tanjung Torimtubun tepatnya di Tnyafar Lende Bwariat (-+ 4 Mill Dari Pulau Angwarmase) Desa Adaut Kecamatan Selaru Kabupaten MTB, Senin (19/11).

Korban merupakan satu diantara 30 penumpang KM Tanimbar Permai yang yang bertolak ke MBD untuk menjemput patung Kristus Raja di MBD itu bertolak pada pukul 22.00 WIT.

Lelaki 42 tahun ini dikabarkan sebe­lum terjatuh sudah mengkosumsi minu­man keras (miras) hingga mabuk dan ter­jatuh sesaat hendak menuju ke kamar kecil pada bagian belakang kapal.

Saat terjatuh penumpang lainnya sempat mendengar dan menyampaikan kepada nahkoda sehingga sempat dilakukan pencarian sekitar tempat terjauh namun tidak ditemukan.

Informasi ini kemudian disampaikan kepada tim SAR Saumlaki selanjutnya melakukan pencarian akan tetapi nihil. Korban baru ditemukan keesokan harinya Senin (19/11) oleh nelayan yang sedang melaut.

Sebelum ditemukan awalnya  Ngila­mele  sedang  melintas dari tanjung Torimtubun tepatnya di Tnyafar Lende Bwariat Desa Adaut, tiba-tiba melihat mayat korban sudah dalam keadaan meninggal dan mengapung di atas permukaan air.

Melihat hal ter­sebut, ia pun kaget dan langsung me­ng­informasikan ke rekan­nya  Ulis Lilim­welat ( 41) dan pada 05.56 Wit Ulis Lilimwelat la­ng­sung melapor­kan hal tersebut ke Polsek Selaru.

Barulah pada pukul 08.00 Wit, rombongan camat, kapolsek, Danramil, Wadanposal dan warga Selaru langsung menuju ke TKP dengan menggunakan speed kesehatan untuk melihat lang­sung.

Sesampainya di TKP mayat dalam keadaan utuh, kaku dan posisi terbalik. Pukul 05.15 WIT, korban langsung dieva­kuasi  menuju Desa Olilit Barat Kelura­han Tan­sel Kabupaten MTB untuk dise­ma­yam­kan dan diserahkan ke pihak keluarga.

Sempat

Tim rescue Pos Saumlaki sempat mela­kukan pencarian setelah menda­pat informasi dari Ibu Elly Krisye salah satu keluarga korban. Tim menggu­nakan kapal milik pos Saumlaki melakukan pencarian di titik koordinat 08’01’58"S-131’08’52"E.

Tim sempat melakukan searching pada koordinasi di lokasi jatuhnya korban. Namun hasilnya nihil, sehingga rencana akan dilanjutkan Senin pagi namun telah ditemukan oleh nelayan.

“Tim SAR sempat melakukan penca­rian, tetapi karena kondisi laut dan sudah larut malam pencarian dihentikan dan rencana dilanjutkan paginya namun ternyata korban sudah ditemukan oleh nelayan setempat. Setelah mendapat informasi, korban ditemukan tim kemu­dian membantu untuk mengevakuasi ke RS PP Magreti Saumlaki,’ jelas Kepala Basarnas Ambon, Muslimin. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon