Hukum ›› Kakanwil Depkumham Janji Perjuangkan Peningkatan Status Lapas

Kakanwil Depkumham Janji Perjuangkan Peningkatan Status Lapas


Ambon - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Departemen Hukum dan HAM (Depkumham) Maluku berjanji akan perjuangkan peningkatan status lembaga pemasyarakat (Lapas).

Hal ini diungkapkan Kakanwil Depkumham Maluku Christian Leihitu kepada wartawan di kantor gubernur, Senin (26/10).

Perjuangan itu merupakan bagian dari tugas dan tanggungjawabnya bertugas di daerah kelahirannya.

Selain itu, dirinya juga akan memperjuangkan dibentuknya penjara anak-anak dan perempuan, serta penjara khusus bagi pengguna narkoba.

"Status Lapas Ambon ini perlu ditingkatkan, mengingat Provinsi Maluku sudah sepantasnya dikembangkan menjadi Lapas kelas I A," katanya.

Alasan yang mendasari perjuangannya karena adanya kabupaten-kabupaten yang baru dimekarkan. Saat ini, di daerah ini telah ada sembilan kabupaten dan dua kota.

"Kami punya rencana untuk itu, karena untuk Maluku sendiri menambah beberapa kabupaten baru. Makanya kita harus memikirkan mungkin di Maluku ini kita bisa tingkatkan dari Lapas Kelas IIA menjadi Lapas Kelas IA serta ada penjara anak, penjara wanita, dan penjara narkotika. Mungkin itu yang sudah menjadi wacana kita sehingga kita akan gulirkan wacana ini terus kepimpinan di pusat agar ke depan bagimana nantinya," terang Leihitu.

Dukungan semua pihak dibutuhkan agar apa yang diperjuangkan ini segera berhasilnya khusus pihak legislative dan eksekutif agar tak akan sia-sia.

"Saya meminta kiranya perjuangan didukung sepenuhnya oleh masyarakat Maluku terlebih khusus pemerintah daerah sehingga perjuangan ini tidak akan sia-sia," harap Leihitu.

Kendati demikian, selaku orang yang baru mengemban tugas, masih membutuhkan adaptasi terkait kondisi daerah ini. (S-21)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon