Daerah ›› Kapolda Perintah Kapolres Malteng Tingkatkan Pengamanan

Kapolda Perintah Kapolres Malteng Tingkatkan Pengamanan

Ambon - Jajaran Polres Maluku Tengah (Malteng) diperintahkan tingkatkan pengamanannya jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah itu Maret mendatang.

“Saat ini kita sementara diper­hadapkan pada pentahapan Pemilu­kada Malteng. Berbagai kesiapan sudah kita laksanakan untuk peng­amanan, namun sejauh itu perlu kita waspadai kondisi yang ada di lapangan,” tandas Kapolda Maluku, Brigjen Polisi Syarief Gunawan da­lam amanatnya pada acara serah­terima jabatan Kapolres Malteng dari pejabat lama AKBP R.Imam Ra­harjanto kepada AKBP Udi Jus­wanto di Mapolda Maluku, Selasa (7/2).

Dikatakan, koordinasi dan kerjasama Polri harus terus ditingkatkan dengan instansi terkait agar mampu mengantisipasi kegiatan-kegiatan yang dapat mempengaruhi jalannya Pemilukada.

“Antisipasi dan deteksi secara dini kerawanan-kerawanan yang akan timbul sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilukada terhadap aksi anarkisme warga, yang me­mung­kinkan ketidakpuasan masya­rakat terhadap hasil akhir Pemilu­kada tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi sekarang ini, tidak jarang masyarakat memandang sebelah mata institusi Polri dengan banyaknya pemberitaan media massa yang sering memojokan citra Polri.

Anggapan masyarakat adanya keberpihakan Polri terhadap suatu institusi atau badan yang bersebe­rangan dengan masyarakat, yang pada akhirnya menimbulkan per­sepsi terhadap bentuk pelayanan terutama dalam penegakan hukum yang diberikan oleh Polri, dapat menjadi pemicu benturan fisik antara Polri dengan masyarakat dan institusi lain yang tidak menutup kemungkinan timbulnya korban baik material maupun jiwa.

“Situasi seperti ini, Polri khusus­nya Polda Maluku sedang berupa­ya membangun fungsi dan peranan Polri baik di bidang pembinaan dan operasional yang menuntut adanya keseriusan, kecerdasan dan respon yang cepat dalam menjawab tun­tutan dan harapan masyarakat,” kata Kapolda.

Sementara itu, terkait dengan Ser­tijab Kapolres Malteng, ia juga me­nandaskan, memiliki makna yang sangat penting dengan mempertim­bangkan beberapa aspek antara lain pengetahuan, ketrampilan, penga­laman dan prestasi yang diraih serta pengabdian pejabat yang ber­sangkutan.

Untuk diketahui, Kapolres Mal­teng diserahterimakan dari pejabat lama AKBP R Imam Raharjanto kepada AKBP Udi Juswanto. Selan­jutnya AKBP R Imam Raharjanto dipromosikan sebagai Wakil Direk­tur Reserse dan Kriminal Khusus (Wadir Reskrimsus), Polda Maluku. Sedangkan AKBP Udi Juswanto sebelumnya perwira menengah di bagian Polairud Mabes Polri. (S-32)



Berita Terkait


Ambon