Daerah ›› Kecamatan Sirimau akan Dimekarkan

Kecamatan Sirimau akan Dimekarkan


Ambon - Kecamatan Sirimau dengan jumlah penduduk terbanyak dan terpadat di Kota Ambon mmbuat Pemerintah Kota (Pemkot) akan melakukan kajian khusus untuk memekarakan kecamatan ini.

Rencana dimasukannya Kecamatan Sirimau dalam kajian  pemekaran ini sangat beralasan, karena disamping jumlah penduduk yang banyak juga untuk memperpendek rentan kendali dan pelayanan publik bagi masyarakat di kecamatan ini.

“Itu usulan yang menarik dan saya rasa sudah waktunya untuk kita pertimbangkan, demi untuk kepentingan masyarakat. Yang pertama untuk memperpendek rentan kendali pemerintahan dan yang kedua untuk peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy, kepada wartawan di Baileo Oikumene Ambon, usai menghadiri kegiatan sosialiasi tentang penyelenggaraan Pilkada Maluku tahun 2013-2018 bagi Linmas se-Kota Ambon, Sabtu (8/6).

Menurutnya, pihaknya akan melakukan kajian dari berbagai segi tentang pemekaran kecamatan ini, baik dari segi administrasi, secara yuridis, sosiologis, serta lainnya dan hal itu tidak menutup kemungkinan kecamatan ini untuk dimekarkan.

“Kita akan melakukan kajian untuk itu, baik secara administrasi dan secara yuridis kalau kondisinya memungkingkan sangat tidak tertutup kemungkinan untuk pemekaran terjadi. Kita akan kaji itu, tapi menurut  saya secara kasat mata memang sudah harus dimekarkan,” ujarnya.

Dikatakan, dengan kuantitas kependudukan yang kian hari kian membengkak, sehingga kependudukan yang ada di Kecamatan Sirimau dapat mengalahkan kependudukan yang ada di kabupaten di Maluku hal tersebut yang menjadi penyebab hampir pasti Kecamatan Sirimau dimekarkan.

“Bayangkan saja Batu Merah itu saja dalam satu negeri jumlahnya bisa lebih besar dari satu kabupaten. Dia lebih besar dari jumlah penduduk di Kabupaten Bursel dan Buru. Oleh karena itu saya rasa sangat penting pemekaran itu harus dilakukan,” ujarnya (Cr-2)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon