Daerah ›› Kepsek Diminta Laksanakan Tugas Sesuai Fungsi Dan Perannya

Kepsek Diminta Laksanakan Tugas Sesuai Fungsi Dan Perannya

Ambon - Setiap kepala sekolah khususnya pada jenjang SMP, di Kota Ambon, diminta untuk dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan fungsi dan perannya, selaku selaku kepala sekolah dengan menunjukkan profesionalisme mereka.

"Ini terkait dengan profesionalisme mereka sebagai kepala sekolah, sebab yang dibicarakan dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Bermutu ini bagaimaa mengelola sekolah, mengimplementasikan profesionalisme mereka," tandas Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, JB Lopulalan kepada Siwalima usai membuka kegiatan MKKS di SMPN 19 Ambon, Jumat (21/1)

Menurutnya, peran kepala sekolah juga sangat dibutuhkan dalam menerapkan aturan mengenai sistem induksi guru, jika ada guru-guru yang tidak dapat mengajar kemudian harus menjadi pegawai negeri. Bagaimana mengatur Menejemen sekolah secara keseluruhan, merubah KTSP, berupaya dengan penyesuaian aturan-aturan tentang pendidikan.

"Saya berharap kepala sekokah yang hadir disini pada intinya mampu meingimplementasikan tugas-tugas tersebut di sekolah masing-masing," pintanya.

Dikatakan, untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, bukan sekedar bicara, tetapi hal tersebut tergantung dari bagaimana sikap kepemimpinan untuk memandu diri sendiri, sebagai kepala sekolah, memandu seluruh staf dan dewan guru yang ada di sekolah, termasuk membangun kerjasama dengan orang tua murid melalui komite sekolah dan memandu siswa demi untuk mencapai keberhasilan. Jangan sampai anak-anak didik ini tidak berhasil pada setiap jenjang pendidikan mereka di sekolah.

"Kelas satu tidak bisa pindah ke kelas dua, begitu juga dengan seterusnya, sampai dengan ujian akhir. Jadi harus benar-benar tiga tahun, kita bisa menghasilkan sumber daya manusia yang siap mengakses pendidikan ke tingkat yang lebih atas, saya antusias sekali menghadiri kegiatan seperti ini untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada mereka," ujarnya.

Dijelaskan, proses pergantian kepala sekolah memang tidak terlalu berpengaruh untuk sekolah, tetapi mereka juga harus beradaptasi dengan sekolah masing-masing, karena yang kepala sekolah yang telah diganti, belum tentu sama dengan kepala sekolah yang baru, apalagi kalau pindah di sekolah-sekolah yang besar, pasti berbeda skalanya.

"Diharapkan setiap orang harus berperan mengatasi persoalan apapun bentuknya, apakah itu kasus, yang bersifat prinsipil, atau membutuhkan keahlihan, profesionalisme, begitu juga dengan dana BOS, kepala sekolah juga harus mampu mengelola dan mengikuti aturan main yang ada," pintanya. (S-30)



Berita Terkait


Ambon