Daerah ›› Kios Jadi Tempat Tinggal, Dispenkot Segera Tertibkan

Kios Jadi Tempat Tinggal, Dispenkot Segera Tertibkan


Ambon - Dipastikan dalam waktu dekat ini Dinas Pendapatan Kota (Dispen­kot) Ambon akan melakukan pener­tiban kepada para pedagang yang menjadikan kios-kios milik mereka di lantai II Pasar Mardika yang dijadi­kan sebagai tempat tinggal.

Kepala Dinas Pendapatan Kota Ambon, Jopie Silanno, kepada war­tawan di ruang kerjannya mengaku, penertiban terhadap para penghuni kios di lantai II Pasar Mardika ini akan dilakukan dalam bulan ini.

“Penertiban tetap akan lakukan. Waktunya bulan ini juga namun kapan itu akan kita sesuaikan sebab penertiban kios-kios ini akan dila­kukan setelah kami lakukan pener­tiban para PKL yang berjualan meng­gunakan badan jalan,” tandas Silanno.

Menyangkut adanya sosialisasi kepada para penghuni kiso-kios ini sebelum dilakukan penertiban pihak Dispenda, Silanno mengaku, pihak­nya telah melakukannya dalam bentuk pertemuan bersama yang dilakukan pada pertengahan bulan Desember 2012 kemarin.

Dalam pertemuan itu para peda­gang yang menjadikan kios-kios ini sebagai tempat tinggal menyatakan siap untuk mengosongkan kios-kios itu namun pihak pemkot dalam hal ini Dispenkot harus bersama-sama dengan mereka untuk menyepakati waktu buka dan tutup pasar ter­sebut.

“Akhirnya dalam rapat itu dise­pakati waktu buka pasar itu pada pukul 00.06 WIT dan tutup pada pukul 19.00 WIT. Para penghuni kios ini meminta waktu agar mereka mencari kos-kosan terlebih dahulu setelah ditemukan baru mereka dengan sendirinya keluar,” jelasnya.

Selain itu, para pedagang ini juga meminta karena pada lokasi ini terdapat masjid yang digunakan oleh para pedagang di Pasar Mardika, sehingga mereka juga meminta agar salah satu pintu yang menuju ke arah masjid ini dibuka 24 jam.

“Jika dalam penertiban nanti masih saja terdapat warga yang menghuni kios-kios tersebut untuk dijadikan sebagai tempat tinggal maka pihaknya akan memberikan tengat waktu kepada para penghuni tersebut untuk mencari kos-kosan sesuai dengan kesepakatan bersama jika tidak juga maka pihaknya bersama Satpol PP akan mengambil tindakan tegas.

Setelah hasil rapat itu disepekati besama antara pedagang dengan kita maka dari hasil pemantauan kami tingakt penghuni kios-kios ini sudah mulai berangsur-angsur berkurang. Mudah-mudahan saat kita lakukan penertiban lagi sudah tidak ada lagi yang menghuni kios-kios ini,” harapnya.(S-21)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon