Daerah ›› Kodim 1504 Gelar Gladi Posko Penanggulangan Bencana

Kodim 1504 Gelar Gladi Posko Penanggulangan Bencana

Ambon - Guna membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi terjadinya bencana alam, maka Kodim 1504 Pulau Ambon, menggelar latihan penanggulangan bencana, Rabu (26/6).

Latihan yang akan berlangsung selama tiga hari ini dipusatkan di Kodim 1504 Pulau Ambon yang di pimpin oleh Komandan Kodim Letkol Inf. J. Lumbantoruan. Pembukaan latihan ini di buka secara resmi oleh Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Asep Kurnaedi selaku inspaktur dalam upacara gladi posko I Kodim 1504 Ambon tahun 2013.

Dalam amanatnya, Danrem mengatakan gladi posko I ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komando dan staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan komando dan pengendalian dalam operasi pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan kepada pemda.

Adapun sasaran gladi Posko I ini menurut Danrem adalah secara kuantitatif komandan dan staf Kodim 1504 Ambon. Secara kualitatif peserta gladi harus mampu menguasai dan mahir dalam melaksanakan prosedur hubungan komando dan staf, menguasai dan mahir melaksanakan komando dan pengendalian operasi bantuan penanggulangan akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan serta mampu berkoordinasi dengan aparat terkait, untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan taktis, dilapangan sesuai protap bencana alam yang ada di kodim.

“Kodim 1504 Ambon sebagai kesatuan kewilayahan berkewajiban membantu tugas pemda dalam penanggulangan bencana sesuai dengan tupoksi TNI dalam operasi militer salain perang,” tandas Danrem.

Olehnya itu, kata dia, sebagai satuan teritorial, maka Kodim 1504 Ambon dituntut memiliki kualitas binter melalui metode bakti ini, binwanwil dan binkomsos, yang senantiasa harus terpelihara dan teruji dengan baik, untuk itu setiap unsur komandan dan staf harus memiliki tingkat profesionalisme dan disiplin serta motivasi yang tinggi, sehingga akan mampu menyelesaikan segala bentuk permasalahan yang ada di wilayahnya.

Ditempat yang sama, Dandim 1504 Letkol Inf J. Lumbantoruan mengatakan, gladi ini dilakukan dengan tema ‘Kodim 1504/Ambon Melaksanakan Bantuan Penanggulangan Akibat Bencana Alam, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan di Wilayah Ambon Dalam Rangka Operasi Bantuan TNI Kepada Pemerintah Daerah’.

“Ini melatih bagaimana hubungan saya sebagai komandan dengan staf-staf saya. Mekanisme kerja dalam suatu kegiatan itu bagaimana, itu yang di latih sekarang. Contohnya kalau ada meninggal satu orang kita pasti berhubungan dengan kadis kesehatan, ambulance juga itu yang kita gladi. Ini yang kita siapkan awal dengan harapan semua dapat mengikuti dengan baik,” harapnya. (S-27)



Berita Terkait


Ambon