Daerah ›› Komisi II Minta PDAM Tingkatkan Pelayanan

Komisi II Minta PDAM Tingkatkan Pelayanan


 

Ambon - Warga Kota Ambon yang berlokasi di kawasan Batu Gantong dan sekitarnya di Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe mengeluh pelayanan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Pasalnya, sudah bertahun-tahun mengalami kesulitan air bersih, disisi lain, pihak PDAM selalu menagih pembayaran rekening air. Anehnya lagi. Walaupun air tak mengalir namun warga harus membayar Rp 100-200 ribu/bulannya.

Akibat sering dirugikan oleh pihak PDAM, maka masyarakat dikawasan ini enggan lagi untuk membayar rekening air mereka. Masyarakat lebih memilih membeli air bersih dari mobil tangki ketimbang harus membayar rekening air ke PDAM.

Menyikapi keluhan masyarakat ini, maka Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon John Mainake berharap, keluhan masyarakat ini harus mendapat perhatian serius dari pihak PDAM. Untuk itu, PDAM harus lebih meningkatkan pelayanannya lagi terutama di daerah-daerah yang sampai saat ini kesulitan mendapatkan air bersih.

“Saya harap hal ini dapat perhatian serius dari pihak PDAM,” himbau Mainake kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (11/2)

Ditegaskan, setiap warga kota, wajib menikmati air bersih yang disediakan oleh pemerintah, baik dari segi cakupan maupun kualitas, olehnya itu berbagai kendala yang dihadapi, harus ditangani dengan baik oleh pihak PDAM.

Jika masalah seperti ini terus menerus dikeluhkan oleh masyarakat, dan tidak ada penanganan serius, maka kinerja PDAM harus dipertanyakan. PDAM juga harus perhatikan kualitas air bersih yang disalurkan kepada masyarakat, hal ini untuk menghindari masyarakat mengkonsumsi air yang tidak sehat, karena diketahui, air bersih dari PDAM juga digunakan untuk masak dan minum.

“Kita juga berharap jika PDAM seperti ini, maka Dinas PUPR melalui program 100-0-100 dapat menjangkau semua daerah yang sulit menerima air bersih, karena sejauh ini penerapannya belum berjalan maksimal,” ujarnya.

Ia mengaku, keluhan ini akan menjadi perhatiannya di komisi agar kedepan dapat mencari solusi, sehingga pelayanan PDAM terutama di kawasan yang sulit dapat terlayani dengan baik.(S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon