Pemerintahan ›› Kota Ambon Butuh Perda Sistem Peringatan Dini Konflik

Kota Ambon Butuh Perda Sistem Peringatan Dini Konflik

Ambon - Kota Ambon saat ini sangat mem­butuhkan satu Peraturan Daerah tentang, Peringatan dini dan tang­gap dini terhadap konflik.

Pasalnya, pasca konflik sosial 1999-2004 secara sadar atau tidak, telah mengingatkan kembali bahwa konflik sudah menjadi bagian kehi­dupan bermasyarakat di Maluku termasuk juga di Kota Ambon.

“Dari skala konflik kecil yang mungkin dianggap biasa oleh mas­ya­rakat hingga skala yang lebih besar yang melibatkan kampung atau negeri hanya karena pertan­dingan olahraga, karena mabuk akibat MIRAS ataupun konflik yang dipicu oleh kejadian-kejadian sepe­le, maka pentingnya sistem peri­ngatan dini dan tanggap dini terhadap konflik untuk diterapkan sebagai upaya pencegahan konflik yang dapat dilakukan sebelum konflik terjadi,” ungkap Pimpinan Yayasan Kiranis, Jhon Lefmanut kepada Siwalima di sela-sela kegiatan Focus Group Discussion Fasilitasi dan Advokasi Perda Sistem Peringatan Dini dan Tanggap Dini Konflik di Kota Ambon, yang berlangsung di Amans Inn Hotel, Jumat (9/9).

Sebelum dilakukan kegiatan ini, pihaknya bekerjasama dengan PTD Maluku telah menerbitkan buku model manual sistem peringatan dini dan tanggap dini konflik berbasis komunitas di Kota Ambon, yang didukung dengan adanya surat edaran Walikota Ambon Nomor 330/3621/Setkot/2010 untuk pember­lakukan model dimaksud.

Sementara itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambu­tan­nya yang disampaikan Asisten I Setda Kota Ambon, Dolland Soukotta berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan sumbang pikir untuk memberikan masukkan tentang pence­gahan konflik yang terjadi di Kota Ambon. “Masalah suku, agama maupun budaya merupakan pintu masuk terjadinya konflik sehingga kita harus berpikir bersama-sama bagaimana upaya untuk melakukan pencegahan, sehingga masukan kita saat ini dapat menjadi rumusan regulasi yang nantinya diserahkan ke DPRD untuk digodok menjadi sebuah perda,” harapnya. (S-16)



Berita Terkait


Ambon