Daerah ›› KPU SBB Gelar Bimtek Pileg 2014

KPU SBB Gelar Bimtek Pileg 2014

Piru - KPU SBB menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek)  tata cara pemungutan suara serta rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Legislatif Tahun 2014 bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di kabupaten tersebut.

Kegiatan yang terpusat di Gedung Putih Piru, Sabtu (7/12), oleh KPU SBB diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pembekalan perihal beberapa perubahan teknis yang akan berlangsung pada pemilihan wakil rakyat 2014 mendatang.

Demikian diungkapkan Ketua KPU SBB, Rusli Sijauta kepada wartawan di Gedung Putih Piru, Sabtu (7/12).

KPU SBB juga mensosialisasikan berbagai proses pemilihan umum legislatif yang menurut KPU masih tetap dipakai atau dijalankan, seperti proses penghitungan suara mengenai tata cara penghitungan suara di TPS, rekapitulasi penghitungan suara di TPS dan PPK.

Menurutnya, secara umum rekapitulasi penghitungan suara yakni formulir antara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur memiliki kesamaan dengan Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014 nanti.

Dia berujar, dengan adanya sosialisasi yang dikemas dalam kegiatan bimtek tata cara pemungutan suara serta rekapitulasi hasil perolehan suara pileg Tahun 2014, kesalahan yang biasanya merupakan langganan tiap perhelatan politik dapat diminimalisir.

Selain itu, pihaknya juga mendelegasikan fungsi pengawasan kepada pihak penyelenggara di tingkat desa dan kecamatan untuk bersama mengawasi hal-hal yang berhubungan dengan layak tidaknya suatu lokasi dipajang berbagai alat peraga kampanye calon legislatif.

Disamping menginstruksikan kepada PPS untuk mengawasi berbagai hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan Pileg tanpa mengesampingkan hubungan koordinatif dengan pemerintah setempat baik desa maupun kecamatan. 

Hal tersebut dilakukan, karena pemerintah desa dan pemerintah kecamatan yang mempunyai kewenangan untuk menentukan lokasi-lokasi yang merupakan zona terlarang pemasangan alat peraga kampanye Pileg tahun 2014 mendatang, sesuai dengan keputusan bersama antara  Pemkab SBB dengan KPU SBB yang tertuang dalam SK 07 Tahun 2013 terkait dengan pemasangan alat peraga kampanye. (S-38)



Berita Terkait


Ambon