Kriminal ›› Laka Lantas, Dua Orang Tewas

Laka Lantas, Dua Orang Tewas


Ambon - Dua orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi Sabtu (25/8) dan Minggu (26/8) di dua lokasi berbeda.

Laka lantas pada Sabtu (25/8) terjadi di tanjakan Dusun Batu Lubang,Negeri Ureng, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, pukul 16.00 WIT, mengakibatkan Nurafni Laitupa (35), warga Negeri Ureng meninggal dunia.

Berikutnya, laka lantas di Batu Merah, Minggu (27/8) dini hari pukul 03.30 WIT  mengakibatkan Regen Pattihuru, warga Kelurahan Ben­teng, tewas di tempat.

Informasi  yang diperoleh Siwa­lima, dari Unit Laka Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease menyebutkan, laka lantas di Negeri Ureng berawal dari  mobil AKDP Zusuki Fortura Biru DE 1603 LU yang dikemudikan oleh Awang Heluth (31), dengan memuat 12 pe­numpang tidak bisa menaiki tanjakan. Kondisi jalan yang licin mengakibatkan mobil tergelincir dan terbalik.

“Sesampai di TKP, sopir sudah ber­usaha naik, namun di perte­ng­a­han tanjakan, mobil yang ditum­pangi oleh 12 penumpang warga Desa Ureng, tidak mampu naik karena berat, membuat sang sopir mencoba untuk perlahan-lahan memundurkan mobilnya dari jalan tanjakan tersebut,” jelas Kasat Lantas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKP Bambang M Wiharga.

Ketika sopir hilang kendali, membuat para penumpang ber­usaha menyelamatkan diri. Mereka memecahkan kaca depan dan keluar dari dalam mobil. Namun korban yang duduk di samping pintu keluar, tertindis oleh mobil dan tidak sempat tertolong.

“Penumpang lainnya selamat sementara korban karena ter­tindis, akhirnya meninggalkan du­nia di TKP. Upaya warga sekitar kemudian mengevakuasi korban namun sudah tidak diselamatkan lagi,” ungkap Bambang.

Saat ini, sang sopir Awang Heluth, telah diamankan ke Polsek Leihitu. Antara korban dan sopir juga masih memiliki hubungan keluarga. Bambang mengaku, kasus ini baru dilaporkan sehingga belum ada konfirmasi korban dan pihak keluarga.

Sementara laka lantas di Batu Me­rah, berawal ketika pengendara se­peda motor Yamaha, Aditya Uma­mit (17) bergerak dari arah Galunggung hendak menuju ke Kota Ambon melewati jalan turun Batu merah dengan kecepatan tinggi, karena sudah dipengaruhi alkohol.

Ketika sesampainya di TKP, pengendara Yamaha R hilang kendali dan langsung menabrak korban yang saat itu sedang menyeberang jalan dari ruas kiri ke ruas kanan. Saat itu korban terjatuh dan mengalami luka-luka yang cukup parah, sehingga langsung meninggal di tempat.

Aditya langsung diamankan dan ditahan di Rutan Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. 

Menurut Bambang, barang bukti sudah diamankan aparat kepoli­sian. “Tersangka sudah kita tahan, untuk barang bukti juga sudah kita amankan,” katanya. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon