Budaya ›› Laut Bunaken "tak Seberapa" Dibandingkan Laut di Maluku

Laut Bunaken "tak Seberapa" Dibandingkan Laut di Maluku


Ambon - Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Muhammad Noer Muis yang memiliki hobi benyelam dan memimpin tim selam Maluku saat Sail Bunaken di Manado, menilai dibandingkan Laut Bunaken belum ada-apa dibandingkan laut di Maluku.

Hal ini dikatakannya saat membawakan materi saat lokakarya nasional tentang Kondisi Laut Pulau Ambon yang berlangsung di Hotel Amboina, kemarin.

"Laut Bunaken itu belum apa-apa jika dibandingkan dengan budaya laut kita di Maluku, seperti di Banda. Untuk Kota Ambon seperti di Hukurila, itu luar biasa, biota lautnya bagus dan punya potensi yang sangat besar untuk kita manfaatkan," ungkapnya.

Potensi besar itu dapat digunakan mensejahterakan masyarakatnya namun diperlukan pengelolaan secara baik dan ramah lingkungan. Tentu saja, keindahan itu harus dipertahankan agar tak tercemar oleh berbagai polutan.

"Pada akhirnya bisa mensejahterakan masyarakat Maluku khususnya masyarakat Kota Ambon. Yang penting bagaimana mempertahankan keindahan itu, kalau kita merasa laut itu perlu untuk dipelihara dan berguna, maka kita rawat dia, karena generasi ini bisa silih berganti dan seluruh komponen harus bersama-sama membantu pemerintak kota (pemkot) untuk bagaimana melihat itu," ujarnya.

Saat itu, jendral bindang dua itu menghimbau agar setiap orang dapat menjaga dan memelihara laut agar tak rusak dimulai dari lingkungan masing-masing karena laut sering dijadikan tempat sampah.

"Seluruh lapisan masyarakat agar dapat menjaga dan memelihara laut Maluku, khususnya Kota Ambon sebaik mungkin dan itu perlu dilakukan sejak dini bagi generasi muda untuk mencegah terjadinya kerusakan laut dikemudian hari," tukas Muis.

Saat itu, dirinya menginggung tentang pemukiman warga yang dibangun membelakangi laut. Ini sangat berbeda dengan di Negara Belanda, karena disana menjadikan laut sebagai beranda yang berada di depan rumah.

"Kalau yang saya lihat di Ambon ini, laut dibelakangi kemudian main buang saja sampah ke laut, marilah kita pelihara laut kita sama-sama mulai dari generasi kecil, kita sosialisasikan hal ini, dan ini yang saya lakukan ketika saya berada di pantai Hukurila (salah satu desa di Kecamatan Leitimur Selatan,red)," terangnya. (S-29)




comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon