Hukum ›› Majelis Hakim Sudah Disiapkan Adili Dua Petinggi Poltek Korupsi Pengadaan Lahan

Majelis Hakim Sudah Disiapkan Adili Dua Petinggi Poltek


Ambon - Sidang perdana kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Poltek Negeri Ambon dijadwal berlangsung, Rabu (9/11). Ma­jelis hakum sudah disiapkan un­tuk mengadili Direktur lembaga pendidikan tinggi ini, Miegs­jeglorie V Putuhena dan eks Plt Direktur, Verdinand Sekerony.

Sidang Putuhena dan Sekerony akan digelar secara terpisah. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ambon Suwono, didampingi hakim anggota Samsidar Nawawi dan Bernard Panjaitan akan mengadili Putuhena.

Sementara sidang terdakwa Verdinand Sekerony akan dipimpin Samsidar Nawawi, didampingi hakim anggota RA Didi Ismiatun dan Bernard Panjaitan.

“Pihak pengadilan telah mene­tapkan jadwal sidang korupsi lahan Poltek Negeri Ambon ini yang akan digelar Rabu,” ungkap Humas Pe­ngadilan Negeri Ambon, Herry Setiabudi, kepada  Siwalima, di ruang kerjanya, Senin (7/11).

Setiabudi menjelaskan, sidang kasus lahan Poltek Ambon harusnya digelar pekan lalu, namun hakim Samsidar Nawawi tidak berada di tempat karena orang tuanya me­ninggal dunia.

“Sudah ada jadwal sidang sebe­lumnya namun karena  salah satu majelis hakim yakni Samsidar Na­wawi tidak berada di tempat karena orang tuanya yang sementara meni­nggal sehingga baru dijadwalkan kembali untuk sidang, Rabu besok,” kata Setiabudi.

Berkas Miegsjeglorie V Putuhena dan Verdinand Sekerony dilimpah­kan oleh Kasi Penuntutan Kejati Maluku Rolly Manampiring Rabu (26/10) sekitar pukul 16.00 WIT, ke Pengadilan Tipikor Ambon.

Putuhena adalah tersangka dugaan korupsi pengadaan lahan tahun 2012 seluas 10.000 meter persegi sebesar Rp 707.324.181, dari total anggaran Rp 1.750.000.000. Sedangkan Verdinand Sekerony ditetapkan sebagai tersangka pe­ngadaan lahan tahun 2010 seluas 2.600 meter persegi sebesar Rp  150.665.819, dari total anggaran Rp 455.000.000.

Berdasarkan audit BPKP Per­wakilan Maluku total kerugian negara dalam kasus ini sebesar Rp 857.990.000. Untuk diketahui, Pu­tuhena dan Sekerony ditahan, Senin (10/10) di Rutan Klas IIA Ambon. 

 Putuhena dan Sekerony digiring ke Rutan setelah penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menyerahkan berkas kedua tersangka dan barang bukti atau tahap II kepada JPU Kejati Maluku pukul 15.47 WIT di Kantor Kejari Ambon. (S-16)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon