Olahraga ›› Maluku Target Tujuh Emas di Popnas Semarang

Maluku Target Tujuh Emas di Popnas Semarang


Ambon - Kontingen Maluku yang akan berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIV di Riau resmi dilepas oleh Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua di lapangan merdeka Ambon, Sabtu (9/9).

Ketua Kontingen POPNAS XIV/2017 Provinsi Maluku, Carolus Nirahua, mengaku, pada POPNAS tahun ini kontingen Maluku yang diberangkatakn berjumlah 65 orang yang terdiri dari 39 atlet, 13 pelatih, 9 offical dan 4 pendamping. Para atlet Maluku akan mengikuti 6 cabang olahraga dan optimis meraih 7 emas.

“Enam cabang olahraga yang kita ikuti itu masing-masing atletik, dayung, tinju, karate, taekwondo dan voli pasir. Kita optimis bisa raih 7 emas,” tandas Nirahua kepada Siwalima usai upacara Haornas XXXIV sekaligus pelepasan kontingen Maluku.

Tujuh emas yang ditargetkan tersebut kata Nirahua, berasal dari cabang olahraga dayung 2 medali emas, tinju 2 medali emas dan 3 medali emas dari cabang atletik. Bahkan tidak menutup kemungkinan, dari masing-masing cabang lainnya dapat menyumbangkan 1 medali emas.

Sejak hari ini, Senin (11/9) para atlet yang diberangkatkan dualuan adalah atletik dan dayung, sementara esoknya Selasa (12/9) baru kemudian diikuiti rombongan atlet dan official lainnya.

Sementara itu, Kadis Pemuda dan Olahraga Maluku Sammy Huwae menambahkan, saat ini pihaknya sedikit kesulitan untuk mendapatkan bibit- bibit atlet pelajar. Pasalnya para atlet terbaik milik Maluku kebanyakan telah lulus sekolah.

Oleh sebab itu, untuk mencari bibit yang baru sedikit sulit, bahkan untuk mendapatkan atlet atau bibit olahraga pelajar yang baik, maka ia pun meminta dukungan dari kabupeten/kota.

“Kita mesti cari di kabupaten/kota, dan mereka harus memodifikasi bagaimana atlet-atlet pelajar tersebut bisa tumbuh,” pungkasnya. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon