Olahraga ›› Maluku Telah Miliki Dua Wasit Karate Internasional

Maluku Telah Miliki Dua Wasit Karate Internasional


Ambon - Provinsi Maluku saat ini telah memiliki dua wasit karate berklasifikasi  internasional, masing-masing, Herman Tibalea dan Yopi Angwarmase.

“Kemarin Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) sudah kirimkan dua wasit nasional ke Manila untuk tingkatkan jenjang klasifikasi. Kedua orang ini telah kembali sehingga saat ini Maluku telah miliki  wasit karatedo untuk klasifikasi internasional,” ungkap Sekretaris Forki Maluku, Agus Lomo, kepada wartawan di Kantor Gubernur, Selasa (7/5).

Menurutnya, pada tahun-tahun sebelumnya provinsi Maluku hanya  memiliki satu wasit karatedo bertaraf nasional, tetapi dari perkembangan dan kemajuan beberapa tahun terakhir ini, jejang karier tersebut sudah meningkat ke klasifikasi internasional.

“Di Maluku beberapa tahun terakhir hanya wasit nasional adalah saya, tetapi sekarang ada teman-teman saya yang sudah naik ke internasional masing-masing bung Herman Tibalea dan Yopi Angwarmase,” tandasnya bangga.

Dikatakan, dengan keberhasilan yang dicapai tersebut, sangat mempengaruhi tingkat pembinaan dan prestasi karate di Maluku untuk  terus dikembangkan. Apalagi, setelah bertemu dengan Ketua Umum Forki Maluku Said Assagaf, juga berharap agar kedepan cabang olahraga ini, bisa sejajar dengan cabang olahraga lain seperti tinju, sehingga dapat menghasilkan medali-medali pada nomor terbaik di ajang nasional maupun internasional.

“Beberapa  waktu lalu juga Karateka Maluku sudah memeberikan hasil terbaik di tingkat internasional baik di Laos , Kopenhagen, maupun di Malaysia,” cetusnya

Ia berharap agar seluruh komponen masyarakat Maluku dapat memberikan dukungan bukan saja karate tetapi seluruh cabang potensial  yang ada di daerah ini. (S-34)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon