Politik ›› Maluku Terancam Miliki Gubernur Definitif Tahun 2015

Maluku Terancam Miliki Gubernur Definitif Tahun 2015

Ambon - Masih tertundanya penyelesaian sengketa Pilkada Maluku, menyusul masalah yang menimpa di jajaran Mahkamah Konstitusi (MK), membuat Maluku terancam baru akan memiliki kepala daerah definitif di tahun 2015.

Hal itu diungkapkan kader GMKI, D Soumokil kepada Siwalima kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (5/10).

Kendati demikian, Soumokil berharap kepada seluruh masyarakat Maluku tetap bersabar dan sebaiknya berdoa kepada Tuhan agar semua persoalan berjalan sesuai keinginan masyarakat Maluku.

“Akibat masalah yang menimpa MK membuat sengketa pilkada belum dapat diselesaikan. Yang dikuatirkan jika putusan ini masih terkatung-katung dan pelaksanaan putaran kedua tak dapat dilaksanakan dalam tahun 2013 maka dipastikan pada tahun 2015 barulah Maluku memiliki kepala daerah definitif,’’ jelas Soumokil.

Ia mengatakan, dengan persoalan yang terjadi di Kabupaten SBT sehingga menyebabkan pilkada ini terkatung-katung harus mendapat perhatian serius KPU Provinsi Maluku.

‘’Masalah yang terjadi di SBT itu harus menjadi catatan serius bagi penyelenggaran pemilu, khususnya KPU provinsi terutama masalah DPT,’’ katanya.

Menurutnya, siapapun yang nantinya terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku merupakan pilihan masyarakat yang harus didukung semua pihak.

Ia menambahkan, pada putaran kedua nantinya seluruh penyelenggara pemilu yaitu KPU provinsi dan kabupaten/kota, Bawaslu provinsi maupun Panwaslu kabupaten/kota dapat melaksanakan tugas masing-masing secara baik. (S-24)



Berita Terkait


Ambon