Daerah ›› Barnabas Orno Bermimpi Ingin Mekarkan MBD Jadi Provinsi

Barnabas Orno Bermimpi Ingin Mekarkan MBD Jadi Provinsi

Ambon - Masyarakat di Kabupaten MBD punya keinginan kuat untuk wilayah mereka harus dimekarkan menjadi provinsi terpisah dari Maluku. Karena itu dalam waktu dekat masyarakat MBD akan deklarasi pemekaran untuk disosialisasikan kepada masyarakat.

Hal itu dikemukakan Bupati MBD, Barnabas Orno saat temu wicara bersama dengan tokoh masyarakat MBD yang berdomisili di Ambon Jumat (8/11).

Dikatakan, kalau Tuhan berkehendak MBD berpisah dari Maluku, maka perpisahan itu hanya pemerintahannya, tetapi soal emosional, kekeluargaan dan karakteristik murni semua orang MBD satu yakni orang Maluku.

“Kita punya satu budaya, simbol yang menyatukan kita adalah arumbae. Jadi ini keluar dari hati nurani yang paling dalam bahwa kita hanya dipisahkan karena pemerintahannya saja,” kata Orno.

Menurutnya, keinginan untuk MBD mekar menjadi sebuah provinsi saat ini sudah semakin kuat. Olehnya, dalam waktu dekat, akan ada pertemuan bersama dengan DPRD baik DPRD provinsi maupun kabupaten.

“Setelah itu kita akan melakukan deklarasi di ibukota provinsi. Kemudian sekaligus membentuk badan perjuangan dan mendesak DPRD Maluku untuk pada saatnya dapat mengeluarkan keputusan rekomendasi terhadap rencana perjuangan provinsi MBD,” pungkas Orno.

Dijelaskan, MBD potensi alamnya sangat kaya, karena itu sudah saatnya daerah tersebut dimekarkan menjadi sebuah provinsi terpisah dari Maluku. MBD juga punya SDM yang cukup dan tersebar dihampir semua bidang kerja.

“Kalau bicara SDM, kabupaten MBD punya guru besar terbanyak kedua di Maluku. SDM kita ini luar biasa, kemudian potensi SDA di MBD berlimpah, dimana ada blok Masela dan lain-lainnya,” ujar Orno. (S-37)



Berita Terkait


Ambon