Daerah ›› Nanulaitta: Pembangunan Rusun Nania Hampir Rampung

Nanulaitta: Pembangunan Rusun Nania Hampir Rampung


Ambon - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon memastikan, pembangunan rumah susun (Rusun) yang terletak di Desa Nania, Kecamatan Baguala hampir rampung

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon, Bruri Nanulaitta menjelaskan, target rusun Nania yang dibangun dengan menggunakan APBN tahun 2018 sebesar Rp 16.796 milyar ini dipastikan akhir bulan ini proses pekerjaanya sudah selesai.

“Berdasarkan koordinasi dengan Dinas PRKP Provinsi, itu diusahakan dalam bulan ini, pembangunan rusun sudah tuntas,” ungkap Nanulaita kepada Siwalima di ruang kerjanya, Rabu (13/2).

Jika pembangunan rusun ini selesai kata Nanulaitta, selanjutnya akan dilakukan proses serah terima dari Dinas PRKP Maluku ke PRKP Kota Ambon, karena rusun tersebut akan diperuntukan bagi ASN di lingkup pemkot.

“Jadi kalau sudah diserahkan kita akan siapkan calon penghuninya yang berasal dari ASN kita di kota, sedangkan untuk pegawai honorer itu belum bisa. Ini sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Ia merincikan, rusun tersebut terdiri dari 58 unit dengan tipe 36 dan bagi yang ingin menempatinya harus memenuhi syarat dan syarat ini akan diberlakukan bagi setiap ASN, salah satunya harus benar-benar tidak memiliki tempat tinggal, selain itu ada batasan untuk tingal, minimal empat orang.

“Rusun itu tipe 36, jadi yang ingin menempatinya hanya untuk empat orang saja misalnya seperti kedua orang tua dan dua anak, jadi nanti persyaratan lainnya itu juga harus jaga keamanan dan ketentraman,” bebernya.

Proses verifikasi terhadap calon penghuni rusun tersebut lanjut Nanulaita, akan dilakukan secara ketat, sehingga ASN yang tinggal, benar-benar sesuai dnegan persyaratan dari pemerintah.

“Jadi nanti di atur juga soal batas tinggal, maksimal itu selama lima tahun, jadi nanti akan tinjau setiap tahun, kita akan betul-betul lakukan proses verifikasi dan identifikasi secara ketat, karena ini merupakan program pemerintah yang diperuntukan bagi para ASN yang tidak punya tempat tinggal,” cetusnya. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon