Daerah ›› Natural Dam Way Ela Semakin Mengkuatirkan

Natural Dam Way Ela Semakin Mengkuatirkan

Ambon - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Farida Salampessy mengung­kap­kan kondisi terakhir Natural Dam Way Ela, Negeri Lima, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) semakin meng­kuatirkan.

“Kondisi terakhir disana saat musim hujan sekarang ini sangat mengkuatirkan,” tandas Salam­pes­sy kepada wartawan  di Kantor Gubernur, Senin (21/1).

Diakuinya dari sisi administrasi, BPBD Maluku berkewenangan dalam rangka untuk mengantisipasi kondisi di Negeri Lima, sehingga pihaknya telah berkoordinasi dengan BNPB.

“Dari hasil koordinasi tersebut, BNPB telah mengalokasikan angga­ran untuk penanggulangan Negeri Lima  melalui kucuran anggaran yang diberikan sebesar Rp 200 juta kepada BPBD Maluku dan Pemkab Malteng mendapat alokasi anggaran Rp 500 juta,” ungkapnya.

Menurutnya, BPBD Maluku su­dah siap mengatisipasi bencana Na­tural Dam Way Ela, sehingga sejak beberapa hari yang lalu, pihaknya sudah siaga di Negeri Lima. “Kita sudah siaga sejak beberapa hari yang lalu, dan telah menyia­gakan kenda­raan disana. Bahkan uang yang diberikan BNPB diguna­kan untuk operasional di Negeri Lima,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Badan Na­sio­nal Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Ma’arif, direnca­nakan akan berkunjung ke Maluku untuk menghadiri Gladi Lapangan Tanggap Darurat Bencana Natural Dam Way Ela, di Negeri Lima, yang akan berlangsung, Sabtu (26/1).

“Nanti pada tanggal 26 Januari Kepala BNPB akan berkunjung ke Maluku guna memantau gladi lapa­ngan yang akan dilaksanakan di Negeri Lima,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, guna meng­antisipasi Natural Dam Way Ela yang saat ini kritis ditengah kondisi musim hujan, maka kesiapan untuk gladi lapangan tersebut dengan masya­rakat ketika terjadinya bencana telah dilakukan pekan kemarin.

“Komandan Korem 151/Binaiya selaku Komandan Satgas Penang­gu­langan Bencana Natural Dam Way Ela, Kolonel Inf Asep Kur­aedi, beberapa waktu lalu sudah mela­kukan kegiatan kearah itu, yakni gladi kader dan gladi peta. Sekalian untuk menyiapkan anggota untuk sama-sama melaksanakan gladi lapangan pada tanggal 26 Januari mendatang,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan warga yang berdomisli di Negeri Lima, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, dihimbau untuk tetap waspada terhadap perkemba­ngan Natural Dam Way Ela ditengah cuaca ekstrim khususnya hujan yang menimpa Maluku saat ini. Betapa tidak, kondisi ketinggian air dari per­mukaan laut sudah mencapai sekitar 194 meter, apalagi tubuh Natural Dam Way Ela yang dibentuk secara alami hanya sekitar 216 meter. (S-34)



Berita Terkait


Ambon