Budaya ›› November, Disparbud SBB Gelar Gebyar Seni dan Budaya

November, Disparbud SBB Gelar Gebyar Seni dan Budaya

Piru - Direncanakan pada tanggal 15 November 2009 mendatang, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan mengelar kegiatan gebyar seni, budaya tiga batang air.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Parawisata dan Budaya SBB, Sabtu Namadulla
kepada Siwalima, Jumat (15/10) diruang kerjanya.

Dalam kegiatan tersebut, akan dilakuakn pameran produk kerajinan budaya dan potensi daerah, pagelaran musik dan aktrasi budaya serta berbagai perlombaan diantaranya perahu semang tradisional serta lomba belang.

"Untuk kegiatan lomba perahu semang tradisional serta lomba belang, direncanakan akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan serta dihadiri oleh tiga di Departemen Pariwisata, "katanya

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan akbar sehingga ada berbagai target yang akan dicapai untuk memperkenalkan potensi budaya daerah di kabupaten.

Kegiatan ini sudah merupakan agenda nasional yang dalam setiap tahunnya akan dilakukan di SBB, sekaligus merupakan sebuah penghargaan serta kebanggaan tersendiri bagi SBB, untuk dapat mempromosikan serta memperkenalkan SBB di mata nasional dan internasional.

"Harapan saya kiranya dengan adanya kegiatan ini, maka secara tidak langsung telah memberikan kontribusi besar bagi Pemerintah Kabupaten SBB, mengingat Bumi Saka Mese Nusa memiliki sejumlah potensi wisata, budaya, seni serta situs-situs sejarah yang rugi apabila tidak dikunjungi oleh para wisatawan, "terangnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, akan dihadiri oleh tim dari Menteri Pariwisata dan Dirjen Pariwisata yang akan melihat sejauhmana potensi wisata, budaya, seni dan situs-situs sejarah yang dimiliki SBB.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, guna melakukan proses persiapan terhadap lokasi yang akan dijadikan pusat dari kegiatan gebyar dimaksud. Adapun pendukung dari kegiatan gebyar yang dilakukan adalah 45 penari dan pelaksanaan budaya itu yang digambarkan dari bentuk tarian kakehan. Kegiatan ini akan melibatkan tokoh-tokoh adat dari tiga batang air yakni Eti, Tala dan Sapalewa, "urainya.

Selain persiapan tersebut, ia juga menjelaskan, tingkat kunjungan wisatawan yang mengunjungi Kabupaten SBB sebanyak 63 wisatawan.

"Kami pernah menerima kunjungan dari sejumlah wisatawan dari negeri Belanda, Ingris, Italia serta Cina. Namun, mereka datang bukan sendiri-sendiri, namun mereka datang secara berkelompok yang semuanya berjumlah 17 kelompok. Dimana, kunjungan yang dilakukan kelompok wisaman itu bukan terpusat pada satu ojek wisata saja, melainkan tersebar pada beberapa kecamatan di Kabupaten ini, "paparnya. (mg-1)



Berita Terkait


Ambon