Daerah ›› Optimis Maluku Keluar dari Kemiskinan

Optimis Maluku Keluar dari Kemiskinan


Pimpinan DPRD Maluku dan bupati/walikota optimis di bawah kepemimpinan Murad Ismail dan Barnabas Orno, Maluku bisa keluar dari kemiskinan.

‘’Sebagai anggota DPRD saya optimis beliau berdua akan membawa Maluku kearah yang lebih baik dan yang harus kedua pertahankan adalah spirit orang basudara di Maluku harus kita jaga,’’ kata Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae, kepada wartawan, usai menghadiri pelan­tikan Murad-Orno di Istana Negara, Rabu (24/4).

Huwae juga mengatakan, pena­taan birokrasi juga penting, karena banyak yang memasuki masa pen­siun.

‘’Saya kita beliau punya referensi yang cukup untuk menempatkan orang pada dinas dan badan,” ujar­nya.

Khusus masalah kemiskinan, kata Huwae, di setiap diskusi Murad se­lalu memberikan perhatian terhadap masalah tersebut.

“Saya kira program nyatanya seperti apa tapi optimisme saya ter­hadap berbagai persoalan Maluku soal kemiskinan dan lapangan kerja itu yang menjadi atensi kita dan sebagai DPRD dan partai politik akan mengatensikan kepada beliau,’’ tandasnya.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua yakin gubernur dan wakil gubernur akan konsen dengan pembangunan di Maluku.  ‘’Saya yakin Murad-Orno bisa mengentas­kan kemiskinan,’’ ujar Tuasikal.

Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon juga optimis diba­wah kepemimpinan Murad-Orno, Maluku lebih baik

‘’Saya optimis dengan kerja keras bersama Maluku bisa keluar dari kemiskinan, mari kita doa dan dukung,’’ kata Fatlolon.

Bupati Maluku Tenggara Muha­maad Taher Hanubun  mengatakan, sebagai orang Maluku, Murad harus melihat Maluku secara utuh. ‘’Mari kita menjawab sama-sama mengatasi masalah kemiskinan,” ujarnya.

Bupati Buru selatan Tagop Sou­lisa mengatakan, gubernur dan wakil gubernur baru berarti harapan baru bagi Maluku.

“Kami minta tingkatkan koor­dinasi pembangunan dengan kabu­paten kota. Murad-Orno bisa mem­berikan hal baru bagi kita terutama berkaitan dengan kue pembangu­nan, karena selama ini hanya difo­kuskan pada daerah tertentu saja,’’ ujarnya.

Bupati Buru Ramly Umasugi juga yakin Murad  dan Orno bisa bawa Maluku ke arah yang lebih baik.

“Kami berharap kemiskinan di Maluku bisa teratasi dan mendu­kung pembangunan di Buru khu­susnya pertanian dan perkebunan,” harapnya.

Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler berharap dibawah kepemim­pinan Murad-Orno, Maluku jauh lebih baik.

‘’Kita doakan kedepan keduanya membawa Maluku kedepan jauh lebih baik sesuai dengan kita harapkan dan kami berharap ambon kota music harus terwujud dan menjadi visit wisata bisa mendapat dukungan dari gubernur dan wakil gubernur,’’ ujarnya.

Sementara Uskup Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi menga­takan, pelantikan gubernur dan wakil gubernur meletakan sebuah harapan.

“Dimasa kepemimpinan mereka Maluku bisa keluar dari kemiskinan, karena kita Maluku provinsi termis­kin di Indonesia padahal kita kaya,’’ tegasnya.

Ketua MUI Maluku mengatakan, dengan izin Allah, masyarakat Ma­luku sudah mempunyai pemimpin.

‘’Seluruh masyarakat Maluku kedepan harus lebih baik aman, rukun, damai dan sejahtera,’’ him­bau­nya.

Kepala Kejati Maluku Triyono Haryono berharap gubernur dan wakil gubernur melihat semuanya sama dalam proses pembangunan.

‘’Kita semua sama dan pak gu­bernur adalah orang tua dan rakyat adalah anaknya, semoga Maluku maju dengan daerah lain,” ujarnya.

Dukung Pemimpin Baru

Masyarakat menyambut dan mendukung hadirnya pemimpin baru, Murad Ismail dan Barnabas Orno yang dilantik sebagai Gu­bernur dan Wakil Gubernur Maluku oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Rabu (24/4).

Rektor Universitas Darussalam Kampus Induk Tulehu, Alwi Smith, mengatakan, pihaknya sangat siap dan mendukung seluruh program kerja maupun kebijakan gubernur dan wakil gubernur baru untuk membangun Maluku lebih baik kedepan.

Smith menilai, Murad-Orno adalah pasangan ideal, sehingga akan mampu membawa perubahan bagi Maluku kedepan.

“Kami yakin ada perubahan untuk Maluku kedepan, Maluku akan lebih baik dan tingkat kemiskinan akan cenderung menurun, karena kepe­mimpinan mereka sangatlah ideal, punya komitmen untuk membangun Maluku,” kata Smith, kepada Siwa­lima, melalui telepon selulernya, Rabu (24/4).

Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Jafet Da­mamain juga menyatakan hal yang sama, siap mendukung program kerja gubernur Maluku.

Menurutnya, Murad Ismail punya track record kepemimpinan yang baik, yang dipercaya dapat me­ngembangkan Maluku menjadi lebih maju dan berkembang.

“Dari awal saya percaya dan meyakini bahwa Maluku akan maju di tangan kepemimpinan beliau, itu berarti sudah pasti segala bentuk program kerja akan saya dukung sepenuhnya,” tandas Damamain.

Damamain juga mengajak ma­syarakat Maluku untuk menopang kerja gubernur untuk Maluku yang lebih baik.

“Saya mengajak seluruh kom­ponen masyarakat untuk turut men­dukung dan menopang kepe­mimpinan beliau untuk kemajuan Maluku ke depan, saya rasa tidak ada perbedaan lagi pasca proses pemilihan yang mengkotak-kotakan masyarakat, dan sekarang ini kita sudah satu, itulah kekuatan bagi masyarakat Maluku,” ujarnya.

Ketua Gerakan Mahasiswa Kris­ten Indonesia (GMKI) Cabang Ambon, Almindes F Syauta menga­takan, GMKI merupakan salah satu Civil Society di Maluku Bumi Raja-Raja dalam menjalankan visi-misi organisasi di dalam pelayanan masyarakat dan selalu bermitra dengan pemerintahan.

“Dengan ini pula kami GMKI memiliki harapan besar kepada gubernur dan wakil gubernur yang baru yaitu sekiranya pemerintahan yang baru ini dapat mentrans­formasikan kinerja pemerintahan, yang lebih baik dan inovatif,” kata Syauta.

Ketua KNPI Maluku, Faisal Saihitua mengatakan, Maluku mem­butuhkan pemimpin yang mampu membawa perubahan besar, dan itu ada pada Murad Ismail dan Bar­nabas Orno.

“Semoga bapak berdua mampu menjawab kerisauan hati rakyat Maluku, saya mewakili elemen pemuda Maluku mendukung penuh pasangan gubernur dan wakil gubernur yang baru,” kata Saihitua.

Sementara Ketua Ikatan Maha­siswa Muhammadiyah Maluku, Lutfi Wael mengatakan, pihaknya akan mengawal pemerintahan Provinsi Maluku dibawah kepe­mimpinan Murad-Orno, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.(S-16/S-45/S-40/S-44/S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon