Politik ›› Paslon Independen Malteng Serahkan Dukungan Tambahan

Paslon Independen Malteng Serahkan Dukungan Tambahan


Masohi - Pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Malteng Isnain Solo Nukuhaly -Jacob Soakalune berupaya sekuat tena­ga untuk bertarung melawan peta­hana di Pilkada Malteng.

Pasangan yang maju melalui jalur perseorangan tersebut memenuhi batas waktu yang disyaratkan KPU Malteng, untuk menyerahkan per­baikan berkas dukungan perbaikan sebagaimana hasil verifikasi faktual tahap pertama.

Hasil verifikasi tersebut mensya­ratkan pasangan Isnain-Jacob harus menyerahkan perbaikan dukungan mininal 32.550 dukungan paling lambat 1 Oktober. Namun Isnain -Jacob justru mengembalikan per­baik­an berkas sebanyak 40.098 du­kungan.

Pasangan yang mengusung akro­nim Pamahanu-Nusa itu, tiba di kantor KPU Malteng Sabtu (1/10) sekitar pukul 11.00 WIT atau lebih cepat 5 jam dari ‘deadline’ waktu yang ditetapkan KPU.

Tiba di kantor KPU, kedua balon bersama tim relawan dan puluhan pendukung langsung diterima Ke­tua KPU dan komisioner lainnya. Mereka kemudian menyerahkan per­baikan dukungan 40.098 dukungan atau 9000 lebih banyak dari yang disyaratkan KPU.

Setelah menerima daftar perbaik­an dukungan 40.098 dukungan tersebut KPU kemudian melakukan penelitian data  guna memastikan kesesuaian jumlah dari daftar dukungan dalam formulir B KWK perseorangan.

Akibat banyaknya jumlah per­baikan dukungan pasangan perse­orangan ini, KPU membutuhkan waktu lebih banyak untuk meng­hitung kesesuaian dukungan dalam soft copy dan hard copy data Isnain -Jacob, sebelum masuk ke tahap verifikasi administrasi.

Akibatnya, sejak Sabtu (1/10) hingga Minggu (2/10), KPU Malteng belum dapat menuntaskan proses penelitian penyesuaian data duku­ngan 40.098 itu. Bahkan sampai dengan Minggu (2/10) pukul 18.00, komisioner bersama staf KPU pun masih sibuk melakukan penelitian data dukungan Isnain-Jacob.

Sampai saat ini,KPU belum dapat mengeluarkan berita acara pendaf­taran perbaikan duku­ngan balon independen itu.

Untuk diketahui, angka 32.550 yang ditetapkan KPU Malteng me­mang sudah sesuai aturan baik PKPU 5 tahun 2016 maupun undang-undang. Sebab sebelumnya pa­sangan dengan akronim Pamaha­nunusa itu, mendaftar dengan jum­lah dukungan 29.472 dukungan atau sudah melebihi kouta minimal syarat dukungan 25.027 dukungan warga.

Sayangnya  setelah melalui proses verifikasi faktual oleh PPS yang telah diplenokan pada tingkat PPK dan KPU  jumlah dukungan Isnain -Jacob tersisa 8.752 dukungan, sehingga kurang dari jumlah 25.027 syarat minimal dukungan atau sekitar 16.275 dukungan.

Kekurangan 16.275 itu, kemudian harus digandakan. sebagaimana  dia­tur oleh PKPU dan Undang Undang Nomor 10 tahun 2016. (S-36)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon