Kesra ›› PAUD Alami Pertumbuhan Yang Sangat Cepat

PAUD Alami Pertumbuhan Yang Sangat Cepat

Ambon - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Maluku dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang sangat cepat serta perkembangan yang kian menggembirakan.

Hal ini menunjukan bahwa masyarakat semakin menyadari akan pentingnya PAUD bagi anak usia 0-6 tahun yang adalah merupakan generasi penerus cita-cita bangsa sehingga masyarakat dengan seluruh tatanan dan jajarannya memiliki kemampuan dan mendukung kebijakan-kebijakan yang digunakan pemerintah sejauh program tersebut sesuai dengan kebutuhannya dan memiliki dasar keilmuan yang jelas.

"Hal ini dibuktikan dengan munculnya kelompok-kelompok penyelenggara program PAUD non formal, baik itu kelompok bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS) dan Taman Titipan Anak (TPA) di desa, kecamatan dan kabupaten/kota," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Provinsi Maluku, Salim Kairoty dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dikpora Provinsi Maluku, T Rahayaan, saat membuka kegiatan orientasi pembelajaran pengelola kelompok bermain angkatan III tahun 2010 di Desa Alang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (6/5).

Kegiatan yang diikuti oleh 26 orang, masing-masing dari Kecamatan Leihitu, Kecamatan Salahutu serta kecamatan Pulau Haruku ini berlangsung selama empat hari terhitung tanggal 5-8 Mei.

Selanjutnya Kairoty mengatakan, hal penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan program layanan PAUD non formal, baik itu kelompok bermain , Satuan PAUD Sejenis dan Taman Titipan Anak ada metode pembelajaran, dengan menggunakan metode Be Youd Centre and Cyrcle Time (BCCT) pendekatan sentra saat lingkungan yang berpihak pada belajar anak sesuai dengan tingkat usia dan perkembangannya.

"Selain itu fungsi dan peranan pengelola dalam menjalankan program PAUD yang dilaksanakan diharapkan dapat terus dikembangkan sehingga keberlangsungan program PAUD ini dapat berjalan dengan baik," pintanya.

Dirinya berharap, kepada para pengelola kelompok bermain yang saat ini mendapat kesempatan mengikuti kegiatan orientasi pembelajaran pengelola kelompok bermain agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan bagi para narasumber agar dapat menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta, sehingga selesai mengikuti kegiatan ini, peserta dapat benar-benar mengerti dan memahami akan tugas, peran dan fungsi mereka selaku pengelola dalam pelaksanaan program PAUD non formal pada lembaga masing-masing kiranya dengan adanya pelatihan ini. (S-16)



Berita Terkait


Ambon