Daerah ›› Pemkot akan Keruk Lima Sungai Besar

Pemkot akan Keruk Lima Sungai Besar

Ambon - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir pada kawasan pesisir sungai, terutama dalam kondisi hujan seperti sekarang ini, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan melakukan pengerukan terhadap lima sungai besar yang ada di Kota Ambon.

Kelima sungai yang akan dilakukan pengerukan, yakni yang berada di kawasan, Batu Gantung, Pohon Puleh, Tanah Tinggi, Batu Merah dan sungai Wai Ruhu.

"Banyak sungai besar terkena sedimentasi, makanya kita akan melakukan pengerukan terkhusus pada lima sungai besar tersebut,'' tandas Walikota Ambon, MJ Papilaja kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Jumat (27/5).

Dikatakan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota telah bekerja sama dengan PU Maluku dalam hal ini Balai Sungai untuk melakukan pengerukan lima sungai tersebut, karena kelima sungai ini dalam tanggung jawab pemprov, sementara sejumlah sungai lainnya merupakan tanggung jawab pemkot.

Dijelaskan, akibat hujan deras yang terjadi di Kota Ambon beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan beberapa kawasan terendam banjir, yakni kawasan Tanah Tinggi, Batu Merah serta bencana longsor juga terjadi di kawasan perbukitan, yakni Batu Gajah dan Batu Meja.

"Langkah darurat yang telah dilakukan, yakni antisipasi tanggul yang jebol dengan memberikan karung untuk mencegah air tidak meluap di beberapa sungai, serta mengungsikan warga yang rumahnya terendam," ungkapnya.

Menurtunya, sejumlah bencana yang terjadi di Kota Ambon belakangan ini, disebabkan karrna ketidakseimbangan alam yang dirusaki warga dengan melakukan penebangan pohon maupun mengikis bukit untuk membangun kawasan perumahan.

"Kesadaran masyarakat masih sangat rendah karena masih banyak yang mengikis bukit untuk membangun pemukiman, serta menebang pohon di hutan untuk keperluan sehari-hari," ujanya. (S-30)



Berita Terkait


Ambon