Daerah ›› Pemprov Sementara Proses Pelantikan Bupati MTB

Pemprov Sementara Proses Pelantikan Bupati MTB

Ambon - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku sementara memproses pelantikan Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Bitzael Temmar-Paulus Werembinan Taborat periode 2012- 2017.

Proses ini dilakukan, pasca putu­san Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan yang diaju­kan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MTB, Dharma Oratmangun-Josepus Kula­lean (ORLEAN) bersama dengan pasangan Lukas Uwuratuw dan Junus Fredrik Batlajery (LUPE), pasangan Paulus Koritelu dan Timo­theus Futwembun (PATI) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten MTB tahun 2011.

“Kita sementara proses peng­usulan pelantikan Bupati dan Wakil MTB terpilih atas nama Bitzael Temmar-Paulus Werembinan Tabo­rat periode 2012- 2017,” ungkap Asisten I Sekda Maluku, Angky Renjaan kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Sabtu (31/3).

Kata Renjaan, saat ini pihaknya masih memproses dokumen yang dibutuhkan karena untuk proses pengusulan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ke Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) RI ini harus memenuhi 24 persyaratan.

“Ke-24 persyaratan tersebut telah dipenuhi oleh pasangan bupati-wakil bupati tinggal nantinya ditan­datangani oleh Gubernur Maluku,” ujarnya.

Jika nantinya, gubernur sudah mendatangani berkas usulan proses pelantikan tersebut maka kemung­kinan pada pekan depan (pekan ini-red) pihaknya akan segera mengi­rimkan permohonan tersebut ke Mendagri untuk diproses lebih lanjut.

Renjaan belum dapat memastikan, kapan proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati MTB terpilih dilaku­kan, karena jika mengikuti masa bhakti kepemimpinan bupati sebe­lumnya, sudah harus selesai pada 6 Januari 2012 lalu, namun karena belum ada kepastian hukum terkait dengan hasil Pilkada Kabupaten MTB yang disengketakan di MK, sehingga Mendagri akhirnya menurunkan SK Plt Bupati MTB yang dijabat oleh Mathias Malaka yang juga Sekda Kabupaten MTB. 

“Kita ajukan saja permohonan pelantikannya, nanti untuk waktu akan ditentukan oleh Mendagri,” cetusnya.

Untuk diketahui, pasangan Bitzael Temmar-Paulus Werembinan Ta­borat (BEST POWER) sebagai peme­nang Pilkada Kabupaten MTB periode 2012-2017 sesuai dengan keputusan KPU MTB melalui pleno penetapan yang dilakukan KPU MTB, Minggu (27/11), sesuai hasil rekapitulasi KPU Nomor 32/KPTS/KPU-Kab.MTB/2011, yang kemu­dian ditindaklanjuti dengan pene­tapan pasangan calon terpilih melalui SK Nomor 33/KPTS/KPU-Kabupaten MTB/2011.

BEST POWER yang diusung oleh koalisi PDIP dan Partai Gerindra ini unggul setelah proses pencoblosan yang dilakukan 17 November 2011 lalu, dengan memperoleh 20.174 su­ara atau 40, 08 persen sementara posisi kedua ditempati pasangan Dharma Orat­mangun-Josepus Kula­lean (OR­LEAN) yang meraih 11.148 suara  (22,15 persen), disusul pasangan Lukas UwuratuFredik Batlajery (LUPE) 10.302 suara (20.47) persen, sementara di posisi keempat ditempati pasangan Paulus Koritelu-Timothius Fut­wembun (PATI) 4.710 suara (9,37 persen), dan posisi terakhir ditempati pasangan Piet Kaet Taborat-Reiky E Laiyan (PELAYAN) 3.997 suara ( 7,94 persen). (S-16)



Berita Terkait


Ambon