Pemuda Dituntut Gelorakan Semangat Merah Putih

Pemuda Dituntut Gelorakan Semangat Merah Putih

Ambon - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga RI, Andi Alfian Malarangeng menegaskan pemuda Indonesia harus harus memperkokoh persatuan, menyatukan langkah, bersinergi dan menggelorakan semangat merah putih untuk kejayaan bangsa dan Negara guna mewujudkan Indonesia bangkit dan maju.

Penegasan tersebut disampaikan Menpora dalam sambutannya yang dibacakan Gubernur Maluku, KA Ralahalu saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-81 tahun 2009 di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (28/10).

Dikatakan, melalui tema "Pemuda Bersatu, Indonesia Bangkit dan Maju" diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi para pemuda untuk bersama-sama memberikan konstribusi yang terbaik demi kemajuan bangsa.

"Pemuda harus kembangkan semua potensi dan daya saing dengan peradaban yang unggul dan berkarakter. Seluruh bangsa mendukung dan seluruh bangsa menanti kiprah pemuda," kata Malarangeng.

Ia berharap agar generasi muda tahun 2009 dapat berkiprah mengarungi era globalisasi diawal milinium ketiga, kendati tantangan itu tidak mudah, namun pemuda Indonesia harus mampu menjawab tantangan tersebut dan mengantarkan bangsa Indonesia menjadi pemenang dalam era globalisasi.

"Kuncinya adalah bersatu. Jika pemuda menyatukan barisan, jika bangsa Indonesia menyatukan langkah, maka tak ada gunung yang terlalu tinggi untuk didaki, tak ada samudera yang terlalu luas untuk diseberangi.

Insyah Allah, kita akan sampai ketujuan, mewujudkan negeri yang dihormati oleh bangsa-bangsa lain dan diberkati Tuhan Yang Maha Esa," ungkap Malarangeng.

Dikatakan, peran dan partisipasi dalam pembangunan nasional haruslah merupakan hal yang nyata. Betbagai potensi, bakat, kemampuan dan ketrampilan dengan semangat dan idealism yang kental dari pemuda senantiasa memberikan warna yang khas bagi pertumbuhan dan kemajuan bangsa.

UU Pemuda

Sementara Gubernur Maluku, KA Ralahalu kepada wartawan usai melepas jemaah haji Maluku di Asary Al Fatah Ambon, Rabu (28/10) mengatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan memberikan peluang dan tantangan bagi pemuda terutama di Maluku untuk bangkit dengan mengandalkan semua potensi yang dimiliki.

"UU pemuda tahun 2009 sudah keluar dan UU ini memberikan peluang sekaligus tantangan bagi pemuda untuk bisa maju bersama guna membangun bangsa dan negara. Untuk itu, saya minta pemuda untuk meningkat kualitas diri masing-masing. Persiapkann diri sebagai generasi penerus bangsa untuk nantinya dapat melanjutkan estapet kepemimpinan bangsa dan daerah ini diwaktu tyang akan dating," jelas Ralahalu.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Agama Provinsi Maluku, Muhammad Attamimi menghimbau kepada seluruh elemen pemuda yang ada di daerah ini untuk bersatu membangun daerah ini. (S-26)



Berita Terkait


Ambon