Daerah ›› Penyebaran Guru tak Merata

Penyebaran Guru tak Merata

Ambon - Pemerintah Kota Ambon, melalui Dinas Pendidikan Kota Ambon dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ambon, dinilai lemah dalam menempatkan guru di kota ini. Ada sekolah yang kekurangan guru, tapi ada yang berlebihan.

Selama ini yang menjadi patokan penempatan guru adalah kedekatan tempat tinggal dengan tempat tugas. Harusnya ini tak lagi digunakan karena lokasi Kota Ambon sangat kecil sehingga mudah dijangkau dengan tranportasi. Apalagi pegawai negeri sipil (PNS) diberikan tunjangan tranportasi tiap bulan.

"Jika BKD dan Dinas Pendidikan pemerataan guru akan mengacu pada lokasi tempat tinggal, maka kita telah meminta mereka untuk membuat peta letak tempat tinggal dengan sekolah namun sampai saat ini mereka belum bisa melakukan itu sehingga kita memintakan untuk ukuran itu tidak harus digunakan kecuali untuk satu dua kasus sehingga kenyataan memang untuk Dinas Pendidikan dan BKD untuk hal pemerataan guru sangat lemah artinya," katanya.

Dirinya menuding ada guru yang mengajar sesukanya, padahal bila merujuk surat keputusan (SK), bukan disitu penempatannya. Dinilainya, pihak yang memiliki kewenangan menertibkan terkesan tak memiliki kekuatan sama sekali.

"Beberapa kasus guru kalau mengajar di sekolah ikut suka walaupun SK di tempat lain sepertinya BKD dan Dikor tidak ada kekuatan untuk memaksa. Untuk itu Dinas Pendidikan dan BKD, silahkan tetapkan. Asalkan sesuai mekanisme dan berdasarkan kebutuhan sekolah," tegasnya.

Sayangnya, Sarimole tak menyebutkan secara terperinci, kasus tersebut terjadi di sekolah mana saja. Dimintakan pula agar Dinas Pendidikan harus miliki grand desain pembangunan fisik sekolah. (S-16)



Berita Terkait


Ambon