Hukum ›› Polres Ambon Sosialisasi Berlalu Lintas di Sekolah-sekolah

Polres Ambon Sosialisasi Berlalu Lintas di Sekolah-sekolah

Ambon - Anak muda terutama para pelajar di Kota Ambon memiliki kesadaran ber­lalu lintas yang cukup minim. Untuk menyadari mereka tentang penting­nya berlalu lintas, Polres Pulau Ambon dan Pp Lease akhirnya melakukan sosia­lisasi di sekolah-sekolah.

"Sosialisasi ini dilakukan di tingkat SMP dan SMA sebagai upa­ya untuk menyadarkan pelajar tentang pentingnya berlalu lintas," kata Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, AKP Levinus Leimena kepada wartawan, Sabtu (11/6).

Sosialisasi ini penting diberikan kepada para pelajar di sekolah-sekolah, karena menyangkut dengan keselamatan jiwa manusia di jalan raya. Dikatakan, data yang dihim­pun Satuan Lalu Lintas menye­but­kan, dari tahun ke tahun, Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) yang terjadi di Kota Ambon didominasi oleh anak-anak yang notabene kaum pelajar.

"Sosialisasi ini merupakan wujud nyata pihak kepolisan dalam menekan angka laka lantas yang didominasi oleh pelajar di Kota Ambon sekaligus penjabaran UU No­mor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan serta tata cara be­r­kendara dengan baik," tandasnya.

Lebih jauh ia menambahkan, dalam sosialisi itu, tidak hanya melibatkan Satuan Binmas saja melainkan semua satuan yang berada di Polres Pulau Ambon dan Pp Lease utama­nya Satuan Lantas. "Sosialisasi ini juga dilaksanakan bersamaan dengan digelarnya ope­rasi simpati yang akan dilakukan pada seluruh sekolah, sehingga dari situ dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Sejauh ini sudah empat SMP dan lima SMA yang dilakukan sosialisasi oleh pihak kepolisian dan hal itu akan dilakukan secara rutin pada semua sekolah. Olehnya diharapkan pihak sekolah dapat mendukung kegiatan dimaksud. (S-36)



Berita Terkait


Ambon