Profil

Profil

Tentang Kami

HARIAN Pagi Siwalima awalnya adalah media cetak harian yang terbit enam kali dalam sepekan dan menjadi bahan bacaan bagi masyarakat umum, terutama di Kota Ambon. Pertama kali diluncurkan, 25 Oktober 1999, Siwalima tampil dengan format delapan halaman hitam putih, berukuran tabloid, kala pertikaian bernuansa SARA sedang melanda masyarakat.

Sebagai institusi pers, tak bisa tidak Siwalima harus memainkan peranannya secara optimal guna ikut menyelesaikan “Konflik Ambon” agar tidak terus berkelanjutan. Ini merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawabnya sebagai alat kontrol sosial.

Dalam perjalanannya, Siwalima kemudian menambah halaman terbit menjadi dua belas dan ditingkatkan menjadi enam belas halaman hingga kini. Pertimbangan ini dilakukan sebagai sikap responsif atas tuntutan pembaca ditengah situasi keamanan yang mulai kondusif, dimana nilai-nilai penegakan hukum, demokratisasi, serta upaya recovery Maluku pasca konflik.

Dalam kerangka ini, Siwalima dituntut untuk mendorong seluruh komponen masyarakat guna menegakan nilai-nilai demokrasi, menciptakan supremasi hukum dan hak-hak azasi manusia, melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, serta memperjuangkan nilai-nilai keadilan dan kebenaran.

Jurnalisme yang dikembangkan adalah jurnalisme yang bersahabat. Kritik yang disampaikan, dimaksudkan untuk menyadarkan orang, bukan kritik yang justru melahirkan sikap defensif dan mau menang sendiri. Pada tataran ini, Siwalima akan tetap menyajikan materi dengan didukung fakta dan data kemudian menempatkannya secara proposional, namun tetap memperhatikan prinsip objektifitas dan keadilan (fairness).

Pemberitaan Siwalima tidak sekadar memaparkan sesuatu peristiwa atau masalah apa adanya, tetapi harus mampu ikutserta mengarahkan, menjabarkan, memperkaya dan berusaha semaksimal mungkin agar sesuatu (masalah atau peristiwa) itu berjalan, terjadi dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Insan Siwalima pun dituntut untuk menghormati azas praduga tak bersalah, namun tetap kritis, kreatif dan konstruktif. Kritis mengamati suatu peristiwa, kreatif dalam memberi arti atas sesuatu dan jeli untuk menawarkan solusi atau alternatif pemecahannya.

Konkritnya, perumusan peran serta institusi pers akan tetap jadi dasar pijakan bagi visi dan kerangka pikir, serta sumber rujukan dan patokan kelayakan yang akan digunakan dalam gerak operasional peliputan Siwalima.

Sebagaimana fungsi pers sebagai kekuatan keempat demokrasi di luar partai politik, parlemen, dan pemerintah, Siwalima ikut mewarnai, bahkan terkadang memberi arah, terhadap pembentukan public opinion. Itulah surat kabar. Kekuatannya tidak hanya diukur secara bisnis, tapi juga pengaruhnya, serta kepemimpinannya dalam mambangun opini.

 

TARIF IKLAN

Display (fullcolor)                     :    Rp 9.500/mmk

Display (BW)                             :    Rp 4.000/mmk

Advertorial (fullcolor)                :    Rp 5.000/mmk

Advertorial (BW)                        :    Rp 3.000/mmk

Dukacita instansi (BW)           :    Rp 5.000/mmk

Dukacita perorangan (BW)    :    Rp 2.000/mmk

Iklan Baris                                 :    Rp 3.500/baris (min 2 baris/mak 10 baris).

Harga Langganan                   :    Rp 60.000 /bulan

Discount 20% hanya akan diberikan kepada advertising bureau.

Harga diatas adalah netto dan mulai berlaku sejak 4 Januari 2014.

 

ALAMAT
(Seluruh Bagian)

Jalan Raya Diponegoro No 20
Lrg. Mayang Ambon 97124
Telp. 0911-347666, Fax 341137
Email: hotline@siwalimanews.com, marketing@siwalimanews.com

 

PERCETAKAN
PT Siwalima Printing
Email: printing@siwalimanews.com



Ambon