Daerah ›› Proses Pemilihan RT dan RW Mulai Berjalan

Proses Pemilihan RT dan RW Mulai Berjalan


Ambon - Proses pemilihan Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) sudah muilai berjalan pasca Perda tentang Pedoman Pembentukan Rukun Tetangga/Rukun Warga ditetapkan dan memperoleh nomor registrasi dari pihak Pemprov Maluku dan persetujuan walikota.

“Jadi untuk perda ini, pelaksanaannya sudah ditindaklanjuti, sejak perda ini dapat nomor registerasi dari tahun kemarin,” ungkap Kabag Pemerintahan Pemkot Ambon Steven Dominggus saat dihubungi Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (13/2).

Menurutnya, jika ada wilayah yang nantinya melaksanakan proses pemilhan RT dan RW dalam tahun ini, maka harus se­-suai dengan penerapan perda ini.

‘Jadi apabila ada yang mau lakukan pemilihan di masing-masing wilayah, harus merujuk pada aturan atau pedoman perdanya. Jika tidak, tentunya tidak bisa ditindaklanjuti,” ujarnya.

Saat ditanya terkait dengan daerah mana-mana saja yang sudah melaksanakan proses pemilihan, sebab ada wilyah di hampir semua kecematan di kota ini belum melaksanakan proses pemilihan, Dominggus mengaku sudah hampir semua yang menjalankannya, namun dirinya enggan menyebutkan daerah-daerah atau keluarahan mana saja yang sudah laksanakan proses pemilihan secara rinci.

“Yang penting perdanya sudah ditindaklanjuti, itu sudah jalan di beberapa wiayah, nanti kita akan pantau,” janjinya.

Sebelumnya diberitakan, Perda tentang, Pedoman Pembentukan Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) telah ditetapkan, dan disosialisasikan kepada masyarakat. Oleh karena itu, Pemkot Ambon telah menghimbau kepada setiap kelurahan untuk melaksanakan pemilihan Ketua RT/RW yang baru.

Kabag Hukum Pemerintah Kota Ambon Jhon Slarmanat menegaskan, setelah perda ini ada, maka setiap panitia pemilihan harus bekerja berdasarkan apa yang diamantkan dalam perda ini.

“Peraturan sudah jelas sebutkan kriteria dan syarat pemilihan ketua, oleh karena itu harus ditaati semua panitia pemilihan,” tegas Slarmanat kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (17/10).(S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon