Daerah ›› PT. Menara Group Rencana Bangun Industri Pengolahan Tebu di Aru

PT. Menara Group Rencana Bangun Industri Pengolahan Tebu di Aru

Dobo - PT. Menara Group berencana akan membangun industri pengolahan tebu dan pembudidayaannya di tiga pulau di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Tiga pulau tersebut, yaitu pulau Wokam, pulau Kobrour dan Pulau Trangan di Kabupaten Kepulauan Aru, sebelum kita melaksanakan rencana tersebut kita melaksanakan soasialisasi Analisa Dampak Lingkungan (Amdal),” jelas Ketua Konsersium yang juga ketua tim Amdal untuk PT. Menara Group, Fernandus SD, dalam arahannya saat sosialisasi Amdal yang berlangsung di Lantai II Kantor Bupati Aru, Sabtu (3/3).

Dijelaskan, sasaran Amdal adalah untuk menjamin agar suatu usaha atau kegiatan pembangunan dapat beroperasi secara berkelanjutan, tanpa mengorbankan lingkungan hidup.

“Dengan kata lain, usaha kegiatan tersebut layak dari aspek lingkungan hidup,” tuturnya.

Dijelaskan, kegunaan Amdal bertujuan memberikan informasi secara jelas mengenai satu rencana usaha, antara lain menampung aspirasi, pengetahuan dan pendapat penduduk khususnya dalam masalah lingkungan, terkait akan didirikannya usaha tersebut, serta menampung aspirasi masyarakat yang berguna bagi pemerkarsa dan masyarakat guna mengatasi dampak pada pengelolaan lingkungan

Sedangkan kegunaan Amdal, lanjutnya, bagi pemerintah daerah adalah sebagai alat pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan dari suatu usaha atau kegiatan, yang merupakan masukan bahan perencanaan wilayah dan untuk mencegah agar potensi Sumber Daya Alam (SDA) disekitar lokasi proyek tidak rusak dan menjaga kelestarian lingkungan hidup .

Selain keuntungan bagi pemerintah, katanya, Amdal juga berguna bagi masyarakat di mana masyarakat dapat mengetahui rencana pembangunan di daerahnya, supaya mereka dapat mempersiapkan diri berpartisipasi serta dapat mengetahui perubahan lingkungan yang akan terjadi maupun manfaat dan kerugian akibat adanya suatu usaha kegiatan, sekaligus dapat mengetahui hak dan kewajibannya di dalam hubungan dengan usaha atau kegiatan menjaga mengelola lingkungan. (S-25)



Berita Terkait


Ambon