Politik ›› Ralahalu Ajak Warga Maluku Dukung Nono Sampono Jelang Pilkada DKI Jakarta

Ralahalu Ajak Warga Maluku Dukung Nono Sampono

Jakarta - Pesta demokrasi tak lama lagi digelar di DKI Jakarta. Semua calon baik dari jalur independen maupun usungan partai politik (parpol) mengaku siap serta optimis untuk maju bertarung di laga pemilihan pemimpin DKI Jakarta.

Tak terkecuali Letjen TNI (Purn) Nono Sampono, sosok putra daerah Maluku. Salah satu calon gubernur berbendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu siap meramaikan Pilgub DKI Jakarta 2012.

Mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di era Presiden Gus Dur dan Megawati Soekarnoputri tersebut akan bersaing menuju jabatan DKI 1 dengan sejumlah kandidat lainnya yang berasal kelompok sipil maupun militer.

Kategori sipil, ada nama Fauzi Bowo, Tantowi Yahya, Prya Rama­dhani, Triwisaksana, Wanda Hami­dah, Faisal Basri, dan Joko Widodo sementara dari kalangan militer, terdapat nama Nachrowi Ramli, mantan Wagub DKI Jarta Prijanto, Hendardji Soepandji.

Menjelang perhelatan demokrasi di ibukota negara tersebut, Gubernur Maluku, KA Ralahalu mengajak masyarakat Maluku yang ada di Jakarta untuk bersatu padu memberikan dukungan kepada Nono Sampono pada proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta periode 2012-2017.

“Saya mengajak masyarakat Maluku yang menetap di Jakarta dan memiliki hak pilih untuk bersatu padu memberikan dukungan kepada Letjen Nono Sampono,” ungkap Ralahalu kepada wartawan usai silahturahmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dengan masya­rakat asal Provinsi Maluku yang menetap di Jakarta yang dirangkai­kan dengan sosialisasi pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional XXIV/2012, yang dipusatkan di anjungan Provinsi Maluku, Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (18/2).

Dikatakan, masyarakat Maluku tentunya harus bangga karena dian­tara sekian banyak calon Gubernur DKI Jakarta terdapat Nono Sam­pono, yang juga merupakan putra daerah Maluku.

“Masyarakat asal Maluku yang menetap di Jakarta juga sangat banyak sehingga jika bersatu pasti akan memberikan hasil yang signifikan,” katanya.

Di tempat yang sama, calon Gubernur DKI Jakarta, Letjen TNI (Purn) Nono Sampono mengharap­kan dukungan masyarakat Maluku di Jakarta saat proses Pilkada DKI Jakarta.

“Saya sangat mengharapkan dukungan dari saudara-saudara saya sesama warga asal Provinsi Maluku yang menetap di Jakarta untuk mendukung saya sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada proses pilkada periode 2012-2017,” ungkapnya.

Mantan Komandan Korps Marinir ini, mengatakan, dirinya tampil sebagai calon Gubernur DKI Jakarta karena faktor peluang, niat dan kemampuan.

“Ada tiga hal yang mendorong saya maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, yang pertama, peluang, di tahun 2012 ini diberikan kesem­patan kepada warga negara untuk maju sebagai DKI 1 di samping yang incumbent. Kedua, adalah niat untuk meneruskan pengabdian saya. Sedangkan yang ketiga adalah kemampuan. Untuk menjadi pemim­pin dia harus mempunyai modal dan track record yang baik. Layak atau tidak untuk maju. Konsep apapun tergantung yang melakukan ekse­kusi. Kalau ketiga ini dijalankan, saya yakin bisa memimpin Jakarta,” katanya.

Nono Sampono membenarkan memang benar dirinya diproyeksi­kan PDIP untuk menjadi Gubernur Maluku pada 2013 mendatang. “Namun kemudian saya diarahkan untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta,” katanya.

Ia juga memastikan jika gagal menjadi Gubernur DKI Jakarta, maka tidak akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Maluku periode 2013-2018.

Mantan Komandan Jenderal Akademi TNI dan Kepala Badan SAR Nasional (BASARNAS) ini mengaku tergerak hasrat untuk maju karena ingin merubah Jakarta.

“Saya ingin ikut mengubah Jakarta menjadi lebih baik. Jakarta memiliki permasalahan kompleks,” tandasnya.

Menurut Nono Sampono, dia memiliki trik sendiri untuk mena­ngani permasalahan Jakarta. Tentu saja, itu bisa dilakukan berkat pe­ngalaman selama ini.

“Seperti kemacetan, banjir, sam­pah, kemiskinan, dan lingkungan, saya sudah memiliki sejumlah strategi. Intinya, membuat keadaan Jakarta menjadi lebih baik,” ungkapnya. (S-12)



Berita Terkait


Ambon