Daerah ›› Ratusan Umat Islam Sholat Ied di Lapangan Yos Sudarso Dobo

Ratusan Umat Islam Sholat Ied di Lapangan Yos Sudarso Dobo

Dobo - Ratusan umat Islam Kabupaten Kepulauan Aru melaksanakan sholat Ied di lapangan Yos Sudarso Dobo.

Mereka berbondong-bondong berjalan menuju Lapangan Yos Sudarso Dobo sekitar pukul 05.30 WIT, baik orang tua, dewasa, remaja hingga anak-anak laki-laki maupun perempuan.

Solad Ied dipimpim langsung oleh Imam Masjid Al Ansar, Hi. Muhamad Izak Tuburfor yang berlangsung dari pukul 08.00 WIT Hingga pukul 09.00 WIT dan diikuti dengan penuh hikmah oleh seluruh umat yang melakukan sholat tersebut.

Pelaksanaan Sholat Ied ini dikawal ketat aparat keamanan yang tergabung dalam tim operasi ketupat Siwalima dua, terdiri dari unsur TNI/Polri  yaitu, Polres Pp Aru, Brimob Organik Aru, Kodim Persiapan, Lanal Aru serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Pengamanan ketat juga sebelumnya dilakukan ketika berlangsungnya pawai malam Takbiran yang dilepaskan oleh Pelaksana Bupati Aru, Umar Djabumona tepatnya di depan Masjid Raya Nurul Al-Haag Dobo.

Pawai tersebut di ikuti oleh ratusan hingga ribuan warga Kota Dobo dengan melalui Jalan Cenderawasi-Jalan Rabiajala-Jalan Warah menuju kawasan cabang empat, puncak kemudian ke tugu cenderawasi dan kembali ke Jalan Rabiajala menuju jalan Lukas Marering hingga berakhir di depan Masjid Raya Nurul Al-Haag Dobo.

Pawai malam takbiran tersebut bukan saja diikuti oleh umat muslim sendiri, namun turut di meriahkan oleh sejumlah pemuda Kristen. Menurut beberapa pemuda kristen yang sempat di wawancarai Siwalima, malam takbiran tersebut sudah merupakan tradisi dari tahun ke tahunnya dimana Pemuda Kristiani juga turut terlibat.

“Begitu pula sebaliknya ketika pawai malam Natal maupun pergantian tahun dan hal tersebut menunjukan keharmonisan antar umat beragama di daerah ini sangat tinggi,” katanya. (S-25)



Berita Terkait


Ambon