Daerah ›› Resmi Terbentuk, HIMPSI-Polda Maluku Teken MoU

Resmi Terbentuk, HIMPSI-Polda Maluku Teken MoU


Ambon - Resmi terbentuk kepengurusannya, Himpunan Psikologi (HIMPSI) Wilayah Maluku melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polda Maluku dalam melakukan pendampingan dan pembimbingan bagi masyarakat dan internal Polda Maluku maupun untuk keperluan seleksi Bintara-Tamtama dalam bidang psikologi.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak pada acara Deklarasi dan Pelantikan kepengurusan HIMPSI Wilayah Maluku, di aula Mapolda Maluku, Ambon, Sabtu (9/2).

Pengurus HIMPSI Wilayah Maluku diketuai oleh Archristhea Amahoru, didalamnya terdapat 11 psikolog dari 54 anggota pengurus.

MoU kedua pihak ini sebagai tindaklanjut MoU antara Mabes Polri dan HIMPSI Pusat.

Kepala Biro SDM Polda Maluku,  Kombes Pol. Nanang Chadarusman mengatakan, MoU itu dilakukan karena ahli psikologi di Polda Maluku terbatas.

“Intinya kita ingin mendapatkan tenaga ahli psikologi karena di Polda Maluku terbatas,” ungkapnya.

Selain itu, institusi Polri sangat membutuhkan psikologi, terlebih dalam hal seleksi jabatan tertentu.

“Ada assesment center yang melaksanakan seleksi untuk jabatan tertentu didalamnya ada proses tahapan seperti wawan­cara, proteksi dan gagasan psikologi. Sampai sekarang kegiatan itu tetap terlaksana dan dukungan itu diharapkan dari HIMPSI Maluku,” harapnya.

Begitu juga halnya dengan penerimaan Akademi Polri seperti Akpol dan Bintara maupun Tamtama, menurut Chadarusman, dimana setiap tahun nilai psikologi sangat minim.

“Kalau sudah konsultasi nilainya tidak jatuh jauh. Silahkan untuk berkomunikasi sekarang, program pelatihan terutama pembinaan psikologi sudah disiapkan. Selain itu, banyak kasus di Maluku seperti penganiayaan terkhusus KDRT sehingga sangat dibutuhkan tenaga psikologi,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, tambah dia, dengan adanya kerjasama ini, bisa menyediakan wadah bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi terkait psikologi dan mudah-mudahan HIMPSI Maluku bisa membantunya.

Sementara itu, Ketua HIMPSI Maluku, Archristhea Amahoru mengatakan, kerjasama dengan Polda Maluku ini karena seluruh wilayah melakukan kerjasama dalam bidang psikologi. 

“Rencana kerja awal, kita akan melihat seperti P2TP2A dan lainnya dan mungkin kedepannya wilayah Maluku tidak memakai psikolog dari luar tapi kerjasama langsung assesment dengan kepala-kepala dinas,” ujarnya.

Ketua Umum HIMPSI, Seger Handoyo mengatakan, tidak menutup kemungkinan HIMPSI Wilayah Maluku  membantu Polda Maluku dalam bidang lainnya lewat kerjasama tersebut.

“MoU dengan pihak kepolisian sudah ada beberapa kegiatan secara rutin yaitu pengawas indipenden dalam seleksi baik taruna maupun tamtama. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk membantu bidang lain. Di internal saja banyak persoalan personalia,”ujarnya.

Terlepas dari MoU bersama Polda Maluku, kata Handoyo, HIMPSI Wilayah Maluku bisa juga digandeng untuk seleksi calon bupati dan gubernur.

Selain itu juga, kehadiran HIMPSI Wilayah Maluku bisa bekerjasama dengan instansi terkait lainnya untuk mengiden­tifikasi terkait persoalan-persoalan yang bisa dibantu.

Misalnya di bidang pendidikan, seperti bulling sehingga psikolog bisa membantu sekolah terkait hal itu.

“Di Maluku ini bisa kita lihat, apa persoalan yang khas sehingga ikut membantu. Misalnya masyarakat di Ambon ini pluralisme cukup banyak dari segi suku, ras dan agama, sehingga bagaimana mereka bisa membantu menjaga agar supaya perdamaian dan persatuan yang sudah ada ini tetap terjaga mulai dari pendidikan anak-anak tentang sikap untuk menghargai perbedaan,” tandasnya.

Sebelum dilakukan penandata­nganan MoU, pengurus HIMPSI Wilayah Maluku dilantik dengan komposisinya sebagai berikut Archristhea Amahoru selaku ketua didampingi Ria Handayani (Wakil Ketua), Elizabeth Souisa (Sekretaris) dan Theopany Rampisela (Bendahara), berdasarkan SK Nomor : 009/SK/PP HIMPSI/II/2019 tertanggal 8 Februari 2019 yang ditandatangani oleh Ketua Umum HIMPSI, Seger Handoyo.  (S-16)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon