Daerah ›› Satpol PP Tertibkan Bangunan Dua Lantai Di Batu Merah

Satpol PP Tertibkan Bangunan Dua Lantai Di Batu Merah

Ambon - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Ambon, Senin (14/2), kembali menertibkan bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Penertiban kali ini dilakukan pada bangunan dua lantai yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di samping Pelabuhan Perikanana Nusantara (PPN) Tantui, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau. Bangunan dua lantai yang berukuiran 5x2 meter persegi yang berkontruksi kayu kelas I tersebut ditertibkan Satpol PP Kota Ambon, karena tidak memiliki IMB.

Proses penertiban yang dimulai pukul 10.00 WIT-11.00 WIT itu, dipimpin langsung oleh Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Kota Ambon, Demy Paais dengan melibatkan dua peleton anggota Satpol PP.

(Kasat) Pol PP Kota Ambon, Demy Paais kepada wartawan usai penertiban mengaku, bangunan yang ditertibkan ini karena tidak memiliki IMB dari pemkot, bahkan pemkot melalui Dinas Tata Kota, telah memasang tanda larangan membangun, namun pemilik bangunan ini tidak menghiraukannya dan tetap melakukan pembangunan.

"Pemkot melarang dilakukan pembangunan, karena bangunan tersebut dibangun di daerah terjal. Bangunan lantai dua ini akan digunakan sebagai tempat penyimpangan becak, sementara bangunan lantai I, akan digunakan sebagai tempat hunian," terangnya.

Dikatakan, alasan untuk membongkar bangunan tersebut, karena pemkot tidak menginginkan adanya pemukiman kumuh di kawasan tersebut, selain itu pembangunannya bertentangan dengan aturan, di mana tidak boleh membangun di daerah terjal.

"Bangunan tersebut ditertibkan karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Ambon Nomor 7 Tahun 1997 tentang kebersihan, keindahan dan ketertiban umum," tegasnya.

Untuk diketahui dalam proses penertiban berlangsung aman dan tidak ada perlawanan dari pemilik bangunan. Penertiban tersebut, kurang lebih setengah kubik papan dan kayu langsung diamankan ke kantor Satpol PP di Jalan Kakialy, Kelurahan Uritetu, Kota Ambon. (S-26)



Berita Terkait


Ambon