Daerah ›› Satu Keluarga di Masohi Keracunan Kangkung

Satu Keluarga di Masohi Keracunan Kangkung

Masohi - Diduga akibat menyantap sayur kangkung, satu keluarga yang terdiri dari lima orang asal  rumah rakyat Kelurahan Namaelo Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) terbaring lemas di RSUD Masohi.

Tujuh anggota keluarga Siahaya ini mengalami kekurangan cairan akibat diare berkepanjangan seusai menyan­tap sayur kangkung. Mereka dianta­ranya Salmon Siahaya (58), Gerits Siahaya (13),Ronal Siahaya (37), Daniel Sahetapy (38),Ongen Sahetapy (35).

Kepada Siwalima Ronal Siahaya mengaku bahwa keluarganya mengalami kesakitan perut setelah selesai menyantap sayur kangkung pada Jumat (17/5) sekitar pukul 14.00 Wit, yang dibeli oleh keluarganya yang datang dari Nusalaut pada jumat pagi itu atau sekitar pukul 05.00 WIT waktu setempat di Pasar Binaya Masohi.

“Yang saya tahu, kita semua makan sayur kangkung yang diberi­kan oleh kerabat kami yang mem­belinya di Pasar Binaya Masohi sekitar pukul 05.00 WIT subuh. Hal ini dilakukan mengingat jika berbe­lanja di Pasar Masohi, diwaktu-waktu tersebut akan mendapatkan belanjaan yang terbilang cukup murah, dan kerabat kami itu pada Jumat pagi itu juga harus kembali ke Kecamatan Nusalaut,” ujar Ronal Sabtu (18/5) di RSUD Masohi.

Menurutnya, setelah menerima sayur kangkung dari kerabatnya yang tidak disebutkan namanya itu, pihak­nya tidak langsung masak, akan tetapi disimpan pada lemari pendingin dan memutuskan memasaknya untuk santapan siang.

“Sehingga sayur kangkung tersebut akhirnya dimasak pada Jumat  pukul 01.30 WIT dan selan­jutnya pada pukul 14.00 WIT, kami sekeluarga menyantapnya untuk makan siang. Tetapi setelah itu satu-persatu keluarga kami mengalami sakit perut, sehingga akhirnya kami mengalami kesakitan yang luar biasa dan lima diantaranya harus dilarikan ke rumah sakit,” jelas Ronal.

Menurut anak bungsu dari Salmon Siahaya itu, pihaknya menduga keracunan akibat makan kangkung, sebab tidak hanya keluarganya yang mengalami kesakitan, melainkan ada tetangga mereka juga yang mengalami hal yang sama setelah makan sayur kangkung.

“Kami yakin yang membuat kami seperti ini akibat dari makan sayur kangkung dimaskud, sebab salah satu tetangga terdekatnya juga mengalami hal yang sama, karena juga menyantap sayur yang diberikan oleh saya saat yang bersangkutan datang ke rumah dan meminta sayur siang itu,” katanya.

Sementara itu, dokter jaga pada RSUD Masohi, Risal Sangajdi saat dikonfirmasi mengakui, kalau kelima pasien yang dilarikan ke rumah sakit adalah satu keluarga, yeng terdiri dari ayah, anak-anak dan menantu.

Namun demikian, ia belum dapat memastikan penyebab satu keluarga itu keracunan dan harus terbaring lemas di rumah sakit.

“Kami belum berani memastikan apa penyebabnya, tetapi yang sekarang kami  tanggani adalah kondisi emergensinya dulu yakni kekurangan cairannya itu. Penye­babnya mungkin baru dapat kita simpulkan saat kondisi pasien kita tangani secara baik dan hal ini membutuhkan waktu beberapa hari lagi,” pungkas Ronal. (S-36).   



Berita Terkait


Ambon